Beragam Manfaat Pelukan Orangtua dengan Anak, Bisa Kurangi Stres

virprom.com – Kapan terakhir kali Anda memeluk anak Anda? Memeluk bayi ternyata memberikan pengaruh yang besar bagi mereka.

Menurut Nirmala Ik M.Psi, psikolog klinis lulusan Universitas Indonesia, pelukan tulus antara orang tua dan anak dapat membuat mereka merasa dicintai dan diterima serta mengisinya dengan kebahagiaan.

“Semua anak perlu merasa dicintai, baik mereka merasa diterima atau tidak, pelukan bisa menjadi sarana untuk membuat mereka merasa dicintai, pelukan memberikan rasa bahagia, dan kemudian ketika anak dipeluk, mereka merasa bahagia.” kata Nirmala, Rabu (17/7/2024) seperti dilansir Antara.

Baca Juga: 6 Kesalahan Orang Tua Saat Mengatasi Amarah Anak 7 Cara Hindari Memukul Anak Saat Orang Tua Emosional Perlu Diketahui

Ia menyayangkan, saat ini banyak orang tua yang merasa malu untuk memeluk anaknya karena pola pendidikan yang cenderung memberikan batasan antara orang tua dan anak.

Secara umum, berpelukan memiliki manfaat dalam produksi hormon bahagia baik bagi orang dewasa maupun anak-anak.

Hormon ini meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus menurunkan tingkat stres.

Nirmala menambahkan, pelukan 10 detik membuat anak merasa gembira. Namun, pastikan pelukan tersebut diberikan dari hati, dan orang tua tidak terganggu oleh hal lain, namun pasti hadir.

“Secara psikologis, yang penting adalah tulus atau tidaknya hati kita, dan dalam waktu puluhan detik kita sudah menerimanya,” kata Nirmala.

Menurutnya, praktik berpelukan ini baik dilakukan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Meski beberapa anak jarang ingin dipeluk saat masa pubertas.

Pelukan dan sentuhan fisik orang tua juga dapat membantu anak menenangkan diri saat dewasa dan berbagi kegembiraan karena tersentuh oleh kasih sayang orang tua.

Baca juga: Pada Usia Berapa Anak Boleh Menonton Film? Perlu diketahui para orang tua, berikut 5 cara efektif mengatasi kecanduan gas pada anak

Ia berharap semakin banyak orang tua yang menyadari pentingnya kehadiran bagi anak-anaknya dan memberikan pelukan tulus dalam rangka Hug Children’s Day pada tanggal 15 Juli.

“Kita tetap harus mengajari dia siapa yang boleh dia peluk dan siapa yang tidak boleh, pelukan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh, tapi ketika dia mencoba memeluk kita sebagai orang tua, dia puas jika orang tuanya memeluknya karena dia menang. . “Tidak akan ada penghakiman,” katanya. Dengarkan berita dan pembaruan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda virprom.com Saluran WhatsApp: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top