Waktu yang Tepat Melumasi Rantai Motor

JAKARTA, virprom.com – Pelumasan rantai sepeda motor merupakan salah satu perawatan penting yang sering diabaikan pengendara.

Rantai sepeda motor yang terlalu lama dilumasi dapat menyebabkan keausan dini, penurunan performa, dan kecelakaan.

Perawatan ini tidak hanya mempengaruhi umur rantai, tetapi juga kenyamanan dan keselamatan berkendara.

“Untuk menjaga performa terbaik sepeda motor, sebaiknya lakukan pelumasan rantai setiap 500 kilometer atau setelah terkena hujan dan lumpur,” kata Parnomo, pemilik Bengkel Tamaro Motor di Palmera, Jakarta Barat, kepada virprom.com, Selasa. (16/7/2024).

Baca juga: Video Mobil Melewati Jalan Berlumpur dan Berakhir Putar Balik

Purnomo menjelaskan, melumasi rantai sepeda motor setelah hujan atau lumpur sangat penting dilakukan, karena air dan kotoran dapat mengurangi efektivitas pelumas yang ada, sehingga rantai lebih cepat rusak.

Selain itu, bagi pengendara yang sering menggunakan sepeda motornya dalam perjalanan jauh atau jalan berdebu, lebih sering melumasi rantai merupakan tindakan pencegahan yang baik.

“Pengendara harus berhati-hati dengan jenis pelumas yang digunakan. Lebih disarankan menggunakan pelumas khusus rantai sepeda motor yang tahan terhadap air dan debu dibandingkan oli biasa,” imbuhnya.

Baca Juga: Jelang GIIAS 2024, Mitsubishi Bakal Luncurkan Triton Baru

Dengan menggunakan pelumas yang tepat, pengendara tidak hanya memperpanjang umur rantai, tetapi juga meningkatkan efisiensi bahan bakar dan kelancaran perpindahan tenaga dari mesin ke roda. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top