Versi Android Lawas Ini Tak Lagi Dapat Update dari Google, Cek Ponsel Anda

virprom.com – Google mengumumkan akan mengakhiri dukungan untuk sistem operasi (OS) Android versi 5.0, juga dikenal sebagai Android Lollipop, sepuluh tahun (10 tahun) setelah dirilis.

Diketahui Android Lollipop diluncurkan pada November 2014. Menurut Google, berakhirnya dukungan ini disebabkan oleh berkurangnya jumlah perangkat yang masih menjalankan Android Lollipop, hingga kurang dari satu persen.

Juru bicara Google menulis, “Hari ini kami berhenti memperbarui Layanan Google Play untuk perangkat Android Lollipop.

Dengan berakhirnya dukungan ini, Google akan dapat fokus pada perangkat dengan perangkat keras yang lebih kuat dan sistem operasi lebih baru yang mendukung berbagai fitur baru.

Baca Juga: 5 Versi Android Paling Banyak Digunakan, Versi Lama Mendominasi

Pengguna masih dapat menggunakan ponsel cerdas yang menjalankan Android Lollipop, namun ponsel mereka tidak akan menerima fitur baru, pembaruan keamanan, atau kompatibilitas dengan aplikasi Google yang memerlukan layanan Google.

Oleh karena itu, pengguna disarankan untuk memperbarui sistem operasi Android mereka ke versi terbaru atau mengupgrade ke ponsel baru. Pembaruan Layanan Google Play tersedia untuk Android versi 6.0 (Marshmallow) atau lebih baru.

Pembaruan Layanan Google Play adalah pembaruan yang menambahkan fitur baru dan pembaruan keamanan ke Google Play Store, serta kompatibilitas dengan aplikasi baru.

Berbeda dengan pembaruan keamanan yang memperbaiki kerentanan atau kerentanan (bug) pada sistem operasi Android. Pembaruan keamanan untuk Android Lollipop telah dihentikan sejak Maret 2018.

Dengan kata lain, kurangnya pembaruan keamanan sangat penting karena jenis pembaruan ini sangat penting untuk melindungi informasi pengguna di perangkat, seperti nomor telepon, rekening bank, dll.

“Kami mendorong pengguna untuk memperbarui (sistem operasi) Android ke versi baru untuk mendapatkan fitur dan peningkatan keamanan terbaru,” kata juru bicara Google, Selasa (16/7/2024), seperti dikutip KompasTekno dari PhoneArena.

Baca Juga: Daftar 10 HP Android Flagship Tercepat Versi AnTuTu Juni 2024

Sebagai informasi, pembaruan ini dapat dilakukan dengan membuka menu Pengaturan di perangkat Android Anda, lalu masuk ke Pembaruan Sistem & Perangkat Lunak. Mengetahui tentang Android 5.0 Lollipop

Sistem operasi Android 5.0 Lollipop memperkenalkan banyak fitur baru dalam rilisnya. Salah satunya adalah desain antarmuka (UI) baru yang diberi nama Material Design.

Material Design menggunakan desain ikon flutter dengan warna dan tipografi yang lebih cerah dibandingkan Android versi sebelumnya. Google juga mengklaim antarmuka baru ini lebih sensitif terhadap sentuhan dan suara.

Mengakses konten di perangkat menjadi lebih mudah dan cepat karena lebih sensitif terhadap sentuhan dan suara. Peralihan tugas yang dilakukan oleh sistem juga menjanjikan akan berjalan mulus.

Keunggulan lainnya: Lollipop menyediakan pengaturan khusus untuk mengatur notifikasi dari setiap orang yang ingin ditampilkan. Dengan cara ini, pengguna hanya akan melihat notifikasi dari kontak yang mereka perlukan di layar kunci.

Daya tahan baterai juga merupakan sesuatu yang diperhatikan Google dengan platform Lollipop.

Google mengklaim fitur penghemat baterai baru di Lollipop mampu memperpanjang masa pakai baterai perangkat yang sedang digunakan hingga 90 menit dibandingkan platform sebelumnya, yakni Android versi 4.4 atau dikenal dengan KitKat.

Android KitKat dihentikan pada Juli 2023. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top