Separuh Kematian karena Kanker Bisa Dicegah

virprom.com – 40 persen kasus kanker dan separuh kematian akibat penyakit ini sebenarnya bisa dicegah.

Berdasarkan hasil studi baru yang dilakukan oleh American Cancer Society (ACS), yang mengukur pengaruh faktor risiko yang dapat dimodifikasi terhadap 30 jenis kanker pada orang berusia di atas 30 tahun.

Faktor risiko kanker yang dimaksud antara lain merokok, minum alkohol, tidak pernah berolahraga, kelebihan berat badan, pola makan, sinar ultraviolet, dan infeksi virus tertentu.

Faktor risiko kanker terbesar adalah merokok, yang menyumbang 30 persen kematian akibat kanker dan 20 persen kasus kanker.

Setelah merokok muncul obesitas, sinar UV dan malas beraktivitas.

Hasil ini dihasilkan dari analisis data yang mewakili secara nasional mengenai kejadian dan kematian akibat kanker serta prevalensi faktor risiko untuk memperkirakan proporsi dan jumlah kematian yang disebabkan oleh kejadian kanker dan faktor risiko yang dapat dimodifikasi.

Baca juga: Shannen Doherty dan 10 tahun perjuangannya melawan kanker

Sedangkan faktor risiko kanker yang tidak dapat dimodifikasi antara lain usia, riwayat keluarga, dan kecenderungan genetik.

Hasil studi ACS menyoroti pentingnya pencegahan dan deteksi dini kanker dengan melakukan pemeriksaan rutin.

Dr. . Ernest Hawke.

Pada tingkat individu, disarankan untuk berhenti merokok, menjaga berat badan normal, memilih makanan sehat, menghindari alkohol, dan deteksi dini oleh dokter. Dengarkan berita terkini dan cerita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top