Urutan Menggunakan dan Memilih Skincare untuk Hasil Terbaik

virprom.com – Mendapatkan kulit yang sehat dan cantik tidak selalu mudah. Memang ada faktor anugerah yaitu genetika. Namun kita juga membutuhkan produk perawatan kulit dengan bahan yang tepat, kebiasaan sehari-hari yang sehat, dan membangun rutinitas perawatan kulit dengan urutan yang benar. 

Artinya meskipun kita menggunakan produk perawatan kulit dengan formula paling menjanjikan dan merek perawatan kulit terbaik, namun jika kita tidak menggunakannya dengan benar dan urutan yang tepat, kita tidak akan mendapatkan kulit sehat yang kita inginkan.

“Urutannya sangat penting, dan beberapa bahan tidak boleh dicampur, karena bisa terlalu kuat atau bisa menetralkan satu sama lain,” kata Nkem Ugonabo, MD, dokter kulit di Union Derm di New York City.

Urutannya juga dapat mempengaruhi seberapa baik produk terserap ke dalam kulit. “Urutan penggunaan produk perawatan kulit sangat penting,” kata dokter kulit Mississippi Lindsey Zubritsky, MD. “Pelapisan yang salah dapat mengakibatkan berkurangnya efektivitas produk, serta produk terbuang atau kemungkinan iritasi kulit.”

Baca juga: Urutan penggunaan produk perawatan kulit yang benar pada pagi dan malam hari

Terlepas dari masalah kulit Anda, ada aturan yang harus diikuti untuk mendapatkan hasil terbaik. “Secara umum sebaiknya kita menggunakan produk (setelah membersihkan wajah) dari yang paling ringan hingga yang paling berat,” kata Dr. penduduk Ugona. 

Artinya pertama-tama serum yang lebih ringan, lalu krim atau pelembap yang lebih kental, dan terakhir tabir surya.  Apa saja langkah-langkah rutinitas perawatan kulit yang benar?

Ada tiga langkah utama yang diperlukan untuk setiap rutinitas perawatan kulit: Bersihkan Melembabkan Lindungi dengan mengoleskan tabir surya

Beberapa orang mungkin menambahkan langkah dan produk lain untuk mengatasi jerawat, mengurangi peradangan, memudarkan lingkaran hitam, atau mengatasi masalah kulit lainnya. 

Yang jelas jenis produk yang kita pilih harus disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing. Semua jenis kulit bisa mendapatkan manfaat dari perawatan kulit, namun jenis kulit yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda pula.  Kulit kering menghasilkan lebih sedikit minyak dan tampak kusam dan terkadang bersisik, bertekstur, kasar atau gatal. Anda harus mencari bahan yang lembut, menenangkan dan melembapkan untuk jenis kulit ini. Kulit berminyak menghasilkan minyak berlebih dan tampak berkilau, terutama di area T. Tipe ini mungkin rentan terhadap jerawat. Carilah produk yang memberi nutrisi atau menghidrasi tetapi tidak menyumbat pori-pori. Kulit kombinasi kering di beberapa area dan berminyak di area lain. Hal ini dapat berfluktuasi seiring musim dan bervariasi tergantung hormon. Kulit normal umumnya bersih dan tidak mudah berjerawat. Teksturnya biasanya halus dan noda atau flek sensitif tidak mudah timbul. Kulit sensitif bisa kering, berminyak atau normal. Jenis kulit ini mudah perih, terbakar, atau mudah teriritasi setelah penggunaan produk atau paparan angin, sinar matahari, atau lingkungan stres lainnya. Kulit dewasa adalah kulit yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, antara lain garis-garis halus, kerutan, kerusakan akibat sinar matahari, serta kulit kusam dan tidak rata.

Baca juga: Mengetahui Jenis Kulit, Berikut Urutan Perawatan Kulit yang Tepat Step 1: Cleansing

Waktu: Siang dan malam

Pembersihan harus menjadi langkah pertama dalam rutinitas perawatan kulit Anda pagi dan malam, kata para ahli. Di pagi hari, pembersihan menghilangkan sisa-sisa tidur malam, keringat, dan kotoran, kata Adam Friedman, MD, profesor dan ketua dermatologi di Sekolah Kedokteran dan Ilmu Kesehatan George Washington di Washington, DC. 

Pada malam hari, pembersih menghilangkan riasan, kotoran, kotoran dan sisa yang menumpuk di wajah pada siang hari.

Untuk langkah ini, American Academy of Dermatology merekomendasikan penggunaan pembersih ringan dan abrasif yang tidak mengandung alkohol. Pastikan untuk mencuci muka dengan air hangat, bukan air panas, karena dapat mengeringkannya. Gunakan pembersih tangan atau wajah yang lembut.

Jika Anda ingin kulit lebih bersih, pertimbangkan pembersihan ganda atau menambahkan air mcellar. Dan jangan terlalu kasar dalam proses pengeringannya. Cukup keringkan kulit dengan handuk bersih. Pembersih terbaik untuk setiap jenis kulit: Kulit kering: Pembersihan lembut. Tiffany Jow Libby, MD, direktur bedah dermatologi di Brown Dermatology, merekomendasikan pembersih lembut nonkomedogenik yang mengandung allantoin dan gliserin untuk menghidrasi, melembutkan, dan mengembalikan penghalang kelembapan kulit. Kulit berminyak: Produk yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. “Benzoil peroksida bersifat antibakteri dan menyumbat pori-pori untuk mencegah dan mengobati jerawat yang ada,” kata Dr. Libby. Asam salisilat membantu mengangkat sel kulit mati, menghilangkan minyak berlebih dan membuka pori-pori yang tersumbat. Kulit normal: Pembersih yang lembut dan melembapkan. Libby merekomendasikan produk yang mengandung gliserin untuk menghidrasi kulit serta niacinamide dan panthenol untuk menenangkan dan mendukung kelembapan kulit. Kulit sensitif: Pilih pembersih lembut yang dapat membersihkan sekaligus melembabkan dan melindungi. Kulit dewasa: Pembersihan ringan atau lembut. “Untuk kulit yang menua, cobalah produk yang mengelupas dan membantu mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan untuk menampilkan kulit yang lebih cerah dan bercahaya,” kata Dr. Libby.

Baca juga: 7 Aturan Membersihkan Wajah Agar Kulit Tak Bermasalah. Langkah 2: Toner

Waktu: Siang atau malam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top