Menjajal Fitur AI di Laptop Copilot Plus Lenovo Yoga Slim 7x, Ada Penerjemah 44 Bahasa

virprom.com – Lenovo telah meluncurkan laptop Yoga Slim 7x di Indonesia. Yoga Slim 7x menjadi laptop pertama Lenovo di Tanah Air yang masuk kategori Copilot Plus PC atau laptop dengan kecerdasan buatan (AI).

Seperti halnya laptop Copilot Plus, fungsi pemrosesan AI pada laptop ini berasal dari Microsoft. Hal ini berkat penggunaan chip ARM besutan Qualcomm, yakni Snapdragon X Elite.

Chip AI ini memiliki CPU Qualcomm Oryon (12 core), unit pemrosesan grafis (GPU) Adreno, dan chip Qualcomm Hexagon Neural Processing Unit (NPU) yang dapat mendukungnya. fungsionalitas AI.

Chip NPU pada Snapdragon X Elite disebut mampu menjalankan fungsi AI dan mencapai pemrosesan skala besar (LLM) hingga 45 triliun operasi per detik (TOPS). Mereka mengatakan bahwa fitur NPU ini dapat digunakan untuk melakukan operasi kecerdasan buatan di lingkungan apa pun, baik offline maupun online.

KompasTekno sendiri berkesempatan menjajal berbagai fitur AI yang ada pada Lenovo Yoga Slim 7x dalam acara yang digelar di Wisma 46, Jakarta Pusat, Selasa (9/7/2024).

Baca Juga: Lenovo Luncurkan 2 Laptop Baru di Indonesia, Yoga dan ThinkPad

Fitur AI yang kami uji antara lain Live Comment, Microsoft Copilot, Cocreator, Windows Studio Effects, dan Microsoft Photos.

Laptop Copilot Plus juga memiliki Memori internal yang dapat merekam gambar secara terus menerus di bagian belakang perangkat. Gambar-gambar tersebut kemudian dipindai dan diubah menjadi file yang dapat dicari.

Namun, Microsoft telah menunda peluncuran fitur ini sementara pakar keamanan siber mengkhawatirkan privasi. Fitur komentar langsung

Hal pertama yang kami coba pada AI laptop ini adalah Live Subtions. Subtitle merupakan fitur yang dapat mengkonversi video dari 44 bahasa ke bahasa Inggris, Korea, Jepang, Jerman dan Perancis.

Fitur ini menggunakan server cloud Microsoft untuk menyediakan subtitle (teks film) secara real time dari sumber audio apa pun, seperti file audio, rapat online, dan audio yang direkam dengan mikrofon laptop.

Terjemahan dapat dilakukan bahkan saat pengguna tidak terhubung ke Internet, tidak seperti terjemahan langsung di laptop Windows 11 yang memerlukan koneksi Internet.

Anotasi teks dapat diaktifkan dengan membuka bilah tugas, mengklik Pengaturan Cepat, lalu memilih Anotasi teks. Alternatifnya, pengguna dapat membuka Pengaturan > Aksesibilitas > Subtitle > Subtitle Langsung.

Kami secara pribadi menguji subtitle langsung untuk klip video serial TV berbahasa Korea. Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, maka audio dalam video akan otomatis diubah ke bahasa Inggris.

Teks ditampilkan di bagian atas, bawah atau atas tergantung pilihan pengguna.

Kami tidak pernah bolak-balik antara audio video dan subtitle. Jadi fungsi ini sangat cocok untuk berbagai hal yang tidak ada subtitlenya, misalnya saja untuk pertemuan online dengan partner yang bekerja di luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top