Gaya Berkendara yang Agresif Bisa Bikin Rantai Motor Cepat Aus

JAKARTA, virprom.com – Setiap komponen pada sebuah kendaraan, termasuk rantai motor, memiliki peran krusial dalam menjaga performa dan keselamatan.

Komponen ini bekerja keras untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang, dan ternyata gaya berkendara pengemudi bisa sangat mempengaruhi umur komponen tersebut.

Gaya berkendara yang tidak tepat dapat menyebabkan rantai sepeda motor lebih cepat aus, yang pada akhirnya mempengaruhi performa dan keselamatan.

Demi kenyamanan dan perawatan kendaraan, pengemudi harus memahami cara mengemudi yang benar dan akurat.

Baca juga: Tes Lengkap Honda CRF250L, Mulai dari Desain hingga Harga Kepemilikannya

Instruktur PT Wahana Makmur Sejati Technical Center Wahyu Budi menjelaskan, gaya berkendara agresif seperti sering berakselerasi dan pengereman mendadak dapat dipercepat dengan menggunakan rantai sepeda motor.

Gaya berkendara yang terlalu kasar menyebabkan beban rantai motor tidak seimbang sehingga rantai cepat aus dan perlu sering diganti, kata Wahyu Budi kepada virprom.com, Sabtu (13/7/2024).

Ia juga menambahkan, rantai sepeda motor yang sering terkena beban berlebihan akibat gaya berkendara yang agresif cenderung lebih cepat meregang dan kehilangan kekuatannya.

Sebaliknya, berkendara dengan lancar dan menghindari perubahan kecepatan secara tiba-tiba dapat membantu memperpanjang umur rantai sepeda motor, ujarnya.

Baca juga: Pebalap MotoGP Bezzecchi dan Diggia Tiba di Bali

Dengan memahami dampak gaya berkendara terhadap keausan rantai sepeda motor dan menerapkan gaya berkendara yang lebih halus, pengendara dapat memperpanjang umur komponen penting ini.

Selain itu, perawatan rutin seperti penyesuaian pelumasan dan ketegangan rantai sesuai rekomendasi pabrikan juga penting untuk menjaga performa dan keselamatan berkendara. Dengarkan berita terkini dengan pilihan berita kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top