Hadiri Forum Doha III, Menlu Retno Suarakan Keterlibatan Perempuan dalam Pembangunan Ekonomi

JAKARTA, virprom.com – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan pentingnya partisipasi perempuan dalam pembangunan ekonomi Afghanistan.

Hal itu disampaikan Retno pada pertemuan ke-3 Utusan Khusus Afghanistan atau dikenal dengan Doha III pada 1 Juli 2024 di Doha, Qatar.

Menurutnya, sektor swasta dan pembangunan ekonomi di Afghanistan dibahas pada pertemuan pertama.

“Dalam pernyataan mereka, Indonesia atau saya dulu, ekonomi berarti rakyat, jadi ekonomi inklusif yang mencakup perempuan harus menjadi bagian dari pembangunan ekonomi Afghanistan,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (2/7/2024). dikatakan. . .

Baca juga: Menlu Retno Hadiri Pertemuan Doha III, Bahas Nasib Afghanistan di Bawah Kendali Taliban

Retno juga menyampaikan bahwa Indonesia siap menjalin hubungan antara pengusaha Indonesia dan Afghanistan.

Retno mengatakan, mereka rutin membahas isu-isu terkait partisipasi perempuan dalam forum Doha 1 dan Doha 2.

Selain itu, Retno juga mengatakan penting untuk mengembalikan kepercayaan terhadap sistem perbankan yang sedang dibangun.

Indonesia berkontribusi terhadap perkembangan perbankan syariah di Afghanistan.

“Dalam usulannya, Bank Dunia mengidentifikasi Indonesia sebagai negara yang dapat berkontribusi terhadap masalah ini,” ujarnya.

Baca Juga: Menlu Retno hadiri pertemuan Doha III, bahas nasib Afghanistan di bawah kendali Taliban

Retno juga menekankan pentingnya peringatan terhadap sanksi terhadap Afghanistan agar perekonomian tidak berdampak permanen.

Pernyataan saya diakhiri dengan usulan pembentukan kelompok kerja khusus untuk membahas kerja sama ekonomi secara lebih jelas dan melibatkan pihak-pihak terkait untuk kerja sama ekonomi, ujarnya.

Pertemuan Doha III dipimpin langsung oleh Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Politik dan Perdamaian Rosemary Di Carlo.

Selain itu, perwakilan penguasa sebenarnya Afghanistan yaitu Taliban dan Indonesia, Amerika Serikat, Inggris, Italia, Jepang, Korea Selatan, India, Tiongkok, Jerman, Tajikistan, Uzbekistan, Kanada, dan 25 negara turut serta. Norwegia, Rusia, Turki, Qatar, Uni Emirat Arab, Arab Saudi dan sejumlah organisasi internasional lainnya. Dengarkan berita terkini dan berita utama kami langsung dari ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top