Aturan Memakai Pelembap untuk Mendapatkan Kulit Sehat

virprom.com – Tiga produk utama yang direkomendasikan untuk perawatan kulit wajah adalah pembersih, pelembab, dan tabir surya.

Pelembab memang penting, tetapi juga mudah rusak sehingga membuat kulit Anda berminyak, rentan berjerawat, atau kering. 

Oleh karena itu, untuk mendapatkan kulit yang sehat, sebaiknya perhatikan aturan penggunaan pelembab atau pelembab agar mendapatkan hasil terbaik. Apa aturannya?

Baca Juga: Sembilan Kesalahan Saat Menggunakan Pelembab Wajah Setiap Hari

Menjaga kesehatan kulit memerlukan konsistensi. Ciptakan rutinitas perawatan kulit harian dan patuhi itu, pastikan pelembab adalah prioritas. 

Elizabeth Tanzi, direktur Capital Laser and Skin Care di Chevy Chase, Maryland, merekomendasikan penggunaan pelembab pagi dan malam setelah membersihkan wajah atau mandi. 

Selama bulan-bulan dingin, kita harus menggunakan banyak pelembab untuk mengatasi kekeringan yang disebabkan oleh angin dalam ruangan yang dingin dan panas; Selama bulan-bulan hangat, sebaiknya gunakan formula yang lebih ringan atau beralih ke serum.  Melembabkan segera setelah dibersihkan

“Jangan menunggu terlalu lama setelah mencuci muka untuk mengoleskan pelembab,” saran dokter. Menari karena kita menghidrasi dan menjaga kulit kita tetap lembab dan lembut. 

Saat Anda mencuci muka atau keluar dari kamar mandi, gunakan pelembab saat kulit Anda lembap. Jika Anda juga menggunakan esens atau serum, aplikasikan terlebih dahulu. Jangan lupakan tabir surya sebagai langkah terakhir!  Apakah Anda memiliki kulit kering? Gunakan pelembab pagi dan malam

Orang dengan kulit kering mungkin mengalami bercak kasar, kulit gatal dan pecah-pecah, bahkan berdarah. Cara terbaik untuk mengatasi kekeringan ekstrem ini adalah dengan menggunakan pelembab dengan bahan yang membantu memulihkan dan menjaga kelembapan alami kulit. 

Carilah bahan pelembab seperti urea, gliserin, dan dimetikon, serta emolien seperti petroleum jelly dan squalene untuk memperkuat penghalang ini.

Untuk kulit yang sangat kering dan rentan terhadap eksim, pertimbangkan balsem kaya yang dirancang untuk merawat dan mengisi kembali hilangnya kelembapan yang disebabkan oleh kulit sensitif, dermatitis atopik, dan eksim. 

Dalam kasus yang parah, meskipun disarankan, mintalah dokter Anda memilih pelembab yang paling sesuai.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Pelembab Wajah yang Tepat Kulit Berminyak Butuh Hidrasi

Mungkin terkesan berlawanan dengan intuisi, namun kulit berminyak atau berjerawat tetap membutuhkan hidrasi, karena jika kita kehilangannya, kelenjar sebaceous akan terasa kering dan memproduksi minyak secara berlebihan. 

Pilih formula yang ringan, bebas minyak, nonkomedogenik (tidak menyumbat pori-pori) yang mengandung bahan pengelupas kulit yang lembut seperti asam salisilat atau asam glikolat.  Hindari bahan-bahan yang terlalu agresif

Hindari bahan-bahan yang keras, terutama pada kulit sensitif atau kering. Saat membeli pelembab, American Academy of Dermatology merekomendasikan untuk memeriksa label produk untuk memastikan produk tersebut bebas alkohol dan pewangi yang menghilangkan minyak alami kulit dan dapat menyebabkan iritasi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top