Awas, Bagian Mobil Ini Tidak Kena Efek Crumple Zone

DEPOK, virprom.com – Zona menyilang merupakan bagian sasis mobil yang berfungsi sebagai peredam saat terjadi benturan atau benturan. Sayangnya, tidak semua arah dampak dapat dikurangi dengan hal ini.

Zona lengkung terdapat pada bagian depan terutama pada ruang mesin dan pada bagian belakang pada bagasi pada mobil yang menggunakan tipe sasis monocoque.

Artinya tidak semua efek dapat dihambat oleh kanker. Lantas, bagian mobil mana saja yang tidak menimbulkan efek remuk?

Baca juga: Alasan Crumple Zone pada Mobil Bisa Menyelamatkan Nyawa Saat Terjadi Kecelakaan

Aris Wijanarko, Kepala Bengkel Indomobil Nissan Datsun Sukamaju, Depok, mengatakan zona lengkung disediakan untuk meredam benturan dari depan dan belakang, namun syaratnya benda harus mengenai area tersebut.

“Jika benda yang ditabrak tidak mengenai crumple zone, misalnya mobil menabrak bagian belakang truk dan tenggelam, maka yang terkena benturan adalah tiang dan kaca, akibatnya benturan langsung mengenai penumpang. ,” kata Aris kepada virprom.com, Jumat (7/5/2024).

Aris mengatakan, crush zone bekerja efektif bila benda yang dipukul memiliki luas penampang yang besar dan mengenai area runtuh atau bagian ruang mesin.

Baca juga: Sejarah Crymple Domain, Paten Mercedes-Benz Terbuka untuk Umum

Dari beberapa hasil uji tabrak mobil, jika zona remuk bisa hancur total, kondisi kabin masih utuh, dan tingkat kesuburan rendah, berbeda dengan dampak yang menimpa zona tidak berpindah seluruhnya, kata Aris.

Aris mengatakan, jika dilihat secara awam, jika benturan langsung mengenai kaca atau pilar maka angka kematiannya tinggi karena tidak ada efek crumple zone.

Aris mengatakan airbag dan sabuk pengaman efektif mencegah penumpang terbentur bagian interior kabin, seperti setir dan sekitarnya, saat mobil mengalami benturan. Namun jika dampaknya langsung masuk ke area kabin, maka risikonya fatal.

Baca juga: Mengupas Crumple Zone yang Mudah Menghancurkan Mobil Masa Kini

“Tetap perlu berhati-hati dan tidak mengabaikan keselamatan saat berkendara, seperti memakai sabuk pengaman, menjaga kecepatan aman dan menaati peraturan lalu lintas,” kata Aris.

Oleh karena itu, saat ini belum ada teknologi yang dapat mengurangi dampak pada area kaca dan pilar saat terjadi tabrakan mobil, meskipun Anda dapat mendengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top