Mengenal Kandungan Skincare Melasyl dan Aturan Pemakaiannya

JAKARTA, virprom.com – Bahan-bahan produk perawatan kulit terus berkembang sesuai dengan kebutuhan kulit yang semakin kompleks dari waktu ke waktu.

Salah satu bahan perawatan kulit yang dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi adalah Melasyl. Kinerja bahan ini lebih kuat dibandingkan bahan lain seperti niacinamide. 

Dokter Kulit Dr. Listya Paramita Sp.DVE, FINSDV mengungkapkan bahwa masyarakat Indonesia yang tinggal di negara tropis dengan sinar matahari lebih intens membutuhkan kandungan melasyl.

Kondisi ini mudah menyebabkan hiperpigmentasi yang dapat mengganggu kualitas hidup seseorang, terutama akibat rasa percaya diri.

Selain mampu meratakan warna kulit, Melasyl juga dapat menormalkan pembentukan melanin sehingga lebih stabil sehingga kecil kemungkinan hiperpigmentasi terulang kembali di kemudian hari.

“Kandungan melasyl memang bisa menghilangkan hiperpigmentasi pada kulit. Kemudian juga bisa menormalkan proses pembentukan melanin,” kata dr Listya kepada virprom.com saat ditemui La Roche Posay di Dermlive Chillax Sudirman beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pigmentasi dan Penuaan Dini, Cara Mengatasinya Aturan Pakai Melasyl 1. Hindari pemakaian dengan bahan yang mengiritasi

Dr. Listya mengatakan penggunaan Melasyl dengan perawatan kulit yang mengandung bahan iritasi tidak disarankan. Ini dapat menyebabkan reaksi yang menjengkelkan jika keduanya digabungkan. 

“Yang tidak boleh digabungkan dengan Melasyl adalah bahan-bahan yang menyebabkan iritasi seperti asam glikolat, AHA dan BHA, tidak perlu digabungkan,” ujarnya.

Namun, jika Anda ingin menggunakan bahan-bahan yang mengiritasi tersebut, Anda dapat menggunakannya pada waktu yang berbeda atau tidak pada waktu yang bersamaan. 

“Kalaupun ingin dipakai bergantian, di hari atau waktu berbeda, jangan digabungkan,” jelas dr. pendaftar.

Ia menyarankan pengguna Melasyl untuk memadukannya dengan bahan yang dapat meningkatkan kelembapan kulit, seperti ceramide, niacinamide, dan lainnya.  2. Dapat digunakan pada pagi dan sore hari

Dr. Listya, skin care berbahan Melasyl bisa digunakan pagi dan malam hari.

Ia merekomendasikan untuk menggunakannya hanya di pagi hari, tidak menutupinya dengan tabir surya, dan mengaplikasikannya kembali setiap 2 jam. 

“Kandungan melasyl bisa digunakan siang atau malam hari. Namun pada siang hari jangan lupa untuk menutupinya dengan tabir surya,” ujarnya. Baca juga: Penyebab Umum Hiperpigmentasi Kulit 3. Seimbangkan dengan produk perawatan kulit dasar

Selain itu, Dr. Listya mengingatkan, penggunaan perawatan kulit Melasyl sebaiknya diimbangi dengan penggunaan produk perawatan kulit dasar lainnya.

Sebab jika hanya menggunakan kandungan Melasyl saja tanpa terus menerus membersihkan wajah dan melindunginya dengan tabir surya maka efektivitasnya akan menurun. 

“Secanggih apapun kandungan Melasyl, jika perawatan dasar kulit dihentikan dan kulit kita tidak dilindungi dengan kuat oleh tabir surya, maka kinerjanya tidak akan maksimal. Karena persaingan terus datang dari sinar matahari,” kata dr Listja. 

Baca juga: Hindari, 5 Faktor Penyebab Hiperpigmentasi Kulit Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top