Video Nissan March Gagal Menanjak di Tanjakan Bawang-Dieng

Banjarnegra, Kompass.com – Kecelakaan yang melibatkan kendaraan yang tidak mampu menanjak masih sering terjadi, terutama saat kendaraan tergelincir ke belakang.

Seperti video yang diunggah akun Instagram @andreli_48, sebuah mobil Nissan March berwarna biru tampak gagal melewati kemiringan jalan yang menghubungkan Kecamatan Bawang, Wilayah Batang hingga Dieng Banjarnegra, Jawa Tengah.

Dalam video tersebut, Nissan March telah berhenti di titik kritis dan bersiap untuk melaju. Namun saat relawan mengarahkan mereka ke TKP, mobil tersebut gagal bangkit dan terguling hingga menghantam bagian belakang mobil.

Baca juga: Penjelasan Kenapa Ban Mobil Bisa Meluncur Saat Menanjak Tanjakan Terjal

 

Belajar dari kejadian tersebut, pendiri dan direktur pelatihan Jakarta Defensive (JDDC) Driving and Consulting Jusri Pulubuh pernah mengatakan agar pengemudi menggunakan rem tangan saat berhenti di tanjakan terjal.

Fungsinya untuk mencegah mobil tergelincir akibat kepanikan pengemudi dan kurangnya kendali terhadap kendaraan.

“Ada waktu 1 detik dari pedal rem ke pedal gas, biar tidak mundur, tahan rem tangan. Prinsipnya sama seperti pada mobil bertransmisi manual, jangan sampai terlambat menyetelnya. kehilangan kekuatan,” kata virprom.com baru-baru ini.

Jusri juga mengatakan, penataan tersebut memerlukan keterampilan dan jam terbang pengemudi kendaraan yang dioperasikan secara manual.

Baca juga: Bagaimana cara memberi preferensi pada kendaraan, bergerak atau berhenti?

Sedangkan pengemudi mobil matic lebih aman karena misalnya mundur jaraknya tidak terlalu jauh. Lalu saat dia tancap gas, dia menambah tanjakan lagi, ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pelatihan Safety Defensive Consultant Sonny Susmana mengatakan, untuk mobil manual, saat berhenti dan menuruni tanjakan seperti di video, harus memberikan momen yang tepat agar mesin mencapai torsi maksimal.

Salah satu teknik yang bisa dilakukan saat berhenti di jalan menanjak adalah dengan menginjak rem tangan dan menekan kopling, kata Sony.

Saat mulai bergerak, injak pedal gas bersamaan dengan mengangkat kopling. Pastikan seimbang antara melepas kopling dan menekan gas agar mobil tidak mogok.

“Saat mobil melaju tapi kendaraan terhenti, itulah saat yang tepat untuk melepas rem tangan,” kata Sonny. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top