Lewat Pelikan, Akses Informasi Perumahan di NTB Bisa Gratis

JAKARTA, virprom.com – Masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) kini tidak perlu lagi bersusah payah mengakses informasi, konfirmasi, dan klarifikasi pengaduan terkait proyek perumahan.

Pasalnya, Pusat Pengolahan Perumahan (P2P) Nusa Tenggara dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Otoritas Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kini menyediakan layanan perumahan rakyat (Pelikan).

Merupakan layanan informasi yang dapat digunakan melalui telepon genggam dengan mengakses scan QR Code Pelikan.

Terdapat portal pengaduan dan media sosial Nusa Tenggara dan pusat P2P sehingga proses pelayanan menjadi lebih cepat dan mudah.

Menurut Kepala Balai P2P Nusa Tenggara I, Direktur Perumahan Kementerian PUPR, I Wayan Suardana, masyarakat umum bisa mengakses Pelikan secara gratis.

Baca Juga: Awas Denda Pengguna yang Kena Tol Wajib Daftar Aplikasi MLFF Cantas.

“Pelayanan informasi publik di bidang infrastruktur perumahan ini 100 persen gratis tanpa dipungut biaya apapun,” tegasnya dalam jumpa pers, Selasa (16 Juli 2024).

Wayan menjelaskan, tujuan penggunaan Pelikan antara lain untuk memfasilitasi penyediaan informasi masyarakat NTB untuk konfirmasi dan klarifikasi. Sekaligus menjelaskan program Pusat P2P Nusa Tenggara I.

Pengguna juga dapat menyampaikan laporan praktik operasional proyek Pusat P2P Nusa Tenggara I yang mereka yakini atau curigai tidak patuh atau tidak patuh.

Pelikan terdiri dari Balai P2P Nusa Tenggara I pengaduan dan portal media sosial. Termasuk website Balai P2P Nusa Tenggara I, Direktorat Perumahan Kementerian PUPR www.perumahan.pu.go.id, sistem whistleblowing, konsultasi Whatsapp Balai P2P Nusa Tenggara I dan booking online untuk tamu

Lalu, pelayanan publik terpadu Pelaporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Klinik Swadaya Rumah (KRS). Sistem Informasi Bantuan Perumahan (SIBARU) mencakup alur aplikasi bantuan perumahan. Dengarkan berita terbaru dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top