Jokowi Harap Bantuan RI untuk Tanah Longsor Papua Nugini Ringankan Beban Warga

Bogor, virprom.com – Presiden Joko Widodo berharap bantuan kemanusiaan Indonesia kepada korban longsor di Papua Nugini dapat membantu meringankan beban masyarakat terdampak.

Bantuan tersebut diberikan Indonesia pada awal pekan lalu, setelah provinsi Enga, Papua Nugini dilanda tanah longsor pada 24 Mei 2024.

Dulu, Indonesia juga pernah membantu saudara kita di PNG (Papua Nugini), kata Jokowi usai pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Papua Nugini James Marape di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (15 Juli). 2024).

“Saya berharap ini dapat membantu meringankan beban warga yang terdampak,” imbuhnya.

Baca Juga: Pendahulu Jokowi, PM Papua Nugini Beri Penghormatan kepada Prabowo

Dalam pertemuan bilateral, Pak Jokowi meminta maaf atas musibah tersebut. Mendengar ucapan tersebut, Perdana Menteri Marape mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi.

Pak Jokowi mengatakan, “Sekali lagi, saya turut berduka cita atas terjadinya tanah longsor di Provinsi Enga.

Pada pertemuan ini, kedua negara dan delegasi membahas kerja sama di banyak bidang, di antaranya transportasi, kesehatan masyarakat, dan pendidikan.

Setidaknya ada 4 nota kesepahaman yang ditandatangani dalam pertemuan tersebut.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi mengumumkan bantuan kemanusiaan pada Senin (8/7/2024).

Bantuan yang dikirim ke Papua Nugini bernilai $18 miliar, dalam bentuk obat-obatan, suplemen makanan, dan peralatan pembersihan. Dengarkan berita langsung dan pembaruan di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda virprom.com WhatsApp: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top