Keluarga di Lima Provinsi Banyak yang Sudah Miliki Rumah

virprom.com – Pada tahun 2023, proporsi rumah tangga di Indonesia yang memiliki rumah sendiri akan mencapai 84,79%.

Dengan kata lain, 15,21% rumah tangga di Indonesia masih belum memiliki rumah. Apakah status rumah masih kontrak, status bebas sewa, status pelayanan, dan lain sebagainya.

Situasi tersebut terpampang dalam publikasi Badan Pusat Statistik (BPS) bertajuk Indikator Perumahan dan Kesehatan Lingkungan 2023.

Dari sisi wilayah, Provinsi DKI Jakarta sebagai pusat pemerintahan dengan kepadatan penduduk tertinggi di antara provinsi-provinsi lainnya, jelas memiliki proporsi rumah tangga yang dihuni pemilik rumah terendah, yakni sebesar 56,57%.

Angka tersebut masih lebih rendah dibandingkan angka nasional sebesar 84,70%.

Baca juga: Indonesia punya tingkat kepemilikan rumah lebih tinggi dibandingkan Malaysia

Sedangkan provinsi dengan proporsi rumah tangga yang mempunyai rumah sendiri tertinggi di Indonesia adalah Sulawesi Barat yaitu sebesar 93,35%.

Di antara rumah tangga di Sumatera Barat, hanya 0,95% yang tinggal di rumah sewa, 4,55% tinggal di rumah tanpa sewa, dan 1,16% tinggal di rumah dinas.

Selain itu, lima provinsi di Indonesia yang memiliki proporsi perumahan sendiri tertinggi adalah: Sulawesi Barat, 93,35% Kalimantan Barat 91,35%; . Dengarkan berita terkini dan pilihan terbaik kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top