Rusia Rebut Desa Lagi di Ukraina Tenggara

UROZHAYNE, virprom.com – Rusia pada Minggu (14/7/2024) menyatakan telah merebut kota lain di tenggara Ukraina.

“Persatuan tentara “Timur” merebut desa Urozhayne (wilayah Donetsk),” kata Kementerian Pertahanan Rusia, seperti dikutip kantor AFP.

Negara ini adalah salah satu dari sedikit warga Ukraina yang berhasil pulih dari invasi tahun 2023.

Baca selengkapnya: Ukraina meminta NATO untuk mengizinkan penggunaan rudal jarak jauh terhadap sasaran di wilayah Rusia

Rusia perlahan-lahan menguasai wilayah di Ukraina timur setelah serangan pasukan Kiev yang gagal, namun kini mereka kehabisan senjata dan personel.

Pasukan Rusia juga melancarkan serangan di wilayah Kharkiv pada Mei 2024, namun kemajuan mereka dengan cepat terhenti karena Ukraina bergegas mengirimkan bala bantuan.

Baca juga: Kapan Ukraina Bisa Menjadi Anggota NATO? NATO telah mulai mengirim jet tempur F-16 ke Ukraina Perdana Menteri India Narendra Modi siap membantu memulihkan perdamaian di Ukraina.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan siap membahas perundingan perdamaian jika pasukan Ukraina ditarik sepenuhnya dari empat wilayah di Ukraina timur dan selatan.

Rusialah yang membawa wilayah-wilayah ini untuk diambil alih, tetapi hanya sebagian saja yang direbut.

Ukraina dan sekutunya di Barat menolak hal ini.

Baca selengkapnya: Akibat Serangan Rusia di Ukraina Selatan, 3 Orang Meninggal. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami di ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top