Trigliserida Tinggi Apa yang Dirasakan? Berikut 14 Gejalanya

 

virprom.com – Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak dalam darah yang berfungsi sebagai penyimpan energi. Namun jika kadar trigliserida terlalu tinggi, seseorang berisiko terkena penyakit jantung. Lalu bagaimana perasaan Anda saat trigliserida naik?

Kadar trigliserida yang tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala tertentu. Namun ada beberapa keluhan umum yang bisa dialami, seperti sakit perut, mati rasa, dan pandangan kabur.

Berikut gejala atau kondisi yang terjadi ketika kadar trigliserida meningkat.

Baca juga: Daun Apa yang Bisa Menurunkan Trigliserida? Berikut daftar 6 trigliserida tinggi Bagaimana perasaan Anda?

Trigliserida tinggi merupakan penyakit lemak (fat). Biasanya tidak menimbulkan gejala kecuali jika sangat tinggi.

Keluhan atau gangguan kesehatan biasanya baru dirasakan ketika kadar trigliserida mencapai 1000-1500 mg/dL.

Menurut National Institutes of Health (NIH), ketika kadar trigliserida naik hingga 1500 mg/dL, proses pemecahan lemak tubuh terhenti. Kondisi ini disebut kilomikronemia multidrug.

Penderita trigliserida tinggi kemudian mengalami keluhan pankreatitis atau radang pankreas, xanthoma, gejala saraf, gangguan penglihatan, dan hepatosplenomegali (pembesaran hati dan pankreas).

Ada tanda-tanda trigliserida tinggi yang perlu Anda waspadai. Mengalami mual, muntah atau masalah pencernaan lainnya meskipun tidak berolahraga, peningkatan denyut jantung, benjolan atau benjolan di pinggul, siku dan/atau lutut. Muncul luka keruh dan kuning di sekitar kelopak mata, gangguan penglihatan karena munculnya lapisan putih, abu-abu muda atau biru di tepi lensa, pusing atau sakit kepala parah, kebingungan, berkurangnya fungsi kognitif, penyakit Alzheimer, Depresi dan demensia.

Dengan mengetahui keadaan yang Anda alami ketika Anda memiliki kadar trigliserida tinggi, Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi masalah kesehatan ini dan segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Baca juga: Trigliserida Tinggi Bolehkah Makan Pisang? Berikut penjelasannya.. Apa saja penyebab trigliserida tinggi?

Tingginya kadar trigliserida dalam darah disebabkan oleh tingginya asupan lemak dan kolesterol.

Contoh makanan penambah lemak atau kolesterol peningkat trigliserida adalah gorengan, daging merah, mentega, susu tinggi lemak, makanan cepat saji, makanan bertepung, makanan berkalori tinggi dan makanan yang dipanggang.

Faktor lain yang dapat menyebabkan kadar trigliserida tinggi, lapor Healthline antara lain: kebiasaan merokok, kelebihan berat badan atau obesitas, kurang aktivitas fisik atau jarang berolahraga, penyakit hati seperti sirosis, perlemakan hati, faktor genetik, riwayat efek samping autoimun atau keluarga narkoba.

Hal ini menjelaskan penyebab trigliserida tinggi. Hindari lemak dan kolesterol tinggi, makan sayur dan aktif fisik untuk mengontrol trigliserida. Dengarkan berita terkini dan informasi pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top