4 Cara Membiasakan Anak Membaca Buku, Bisa Sejak Bayi

virprom.com – Jika Anda sedang mencari cara agar anak Anda terbiasa membaca buku, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan.

Membangun kebiasaan membaca memiliki beragam manfaat bagi anak-anak, termasuk membantu mereka mengumpulkan kosa kata baru, membangun pemahaman, serta mengembangkan empati dan emosi. Baca Juga: Catat, 4 Manfaat Hobi Membaca untuk Anak 10 Kebiasaan Anak Cerdas yang Bisa Ditiru

Ditambah lagi, ada cara membiasakan anak membaca buku yang bisa diterapkan oleh orang tua, seperti dilansir WebMD dan Child Mind Institute. Cara membiasakan anak membaca buku 1. Membaca dengan suara keras

Membacakan buku secara teratur kepada anak sejak lahir dapat membantunya membiasakan diri dengan aktivitas membaca.

Sesuaikan buku dengan usia anak. Misalnya, jika anak Anda berusia di bawah lima tahun, memilih buku bergambar atau interaktif bisa menjadi pilihan.

Saat membaca buku, orang tua dapat menggunakan suara-suara lucu sesuai kebutuhan. Misalnya saja ketika membaca dialog dari tokoh binatang.

Baca juga: Apa Ciri-Ciri Anak Cerdas? Ingatlah 10 hal ini

Orang tua juga dapat bertanya kepada anak-anak tentang gambar-gambar yang mereka lihat di buku dan membantu anak-anak memahami cerita tersebut. 2. Jadikan membaca sebagai rutinitas

Jadikan membaca sebagai rutinitas sehari-hari. Umumnya, ada waktu-waktu tertentu yang bisa dikhususkan khusus untuk membaca. Misalnya, sebelum tidur adalah hal yang paling umum.

Simpan buku di kamar anak Anda agar mudah diakses. Jika memungkinkan, kita juga bisa meletakkannya agak jauh dari tempat tidur.

Biarkan anak-anak membaca buku favorit mereka untuk meningkatkan keterlibatan. 3. Ajarkan fonik

Ada banyak produk yang tersedia untuk membantu anak-anak mempelajari suara yang berhubungan dengan huruf.

Ini membantu mereka mendengar kata-kata saat mereka mulai membaca.

Orang tua juga dapat menggunakan kertas dan pensil untuk membantu anak mempelajari keterampilan ini.

Baca juga: 8 Tanda Anak Anda Kecanduan Game, Salah Satunya Suka Berbohong

Penelitian menunjukkan bahwa ketika anak-anak tidak menguasai fonik, mereka akan lebih kesulitan membaca. 4. Minta anak menceritakan kembali cerita tersebut

Jika Anda mulai rutin membaca buku, cobalah meminta anak Anda untuk menghafal apa yang telah dibacanya. 

Orang tua juga dapat meminta anak untuk menuliskannya di kertas atau di buku, kemudian membacakannya sambil menunjuk pada kata-kata yang mereka tulis sendiri. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top