Jokowi: Ekonomi RI Tumbuh 5,11 Persen, Kita Patut Bersyukur

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo mengatakan perekonomian Indonesia masih akan mengalami pertumbuhan sebesar 5,11 persen pada kuartal I-2024.

Ia menyebut pertumbuhan tersebut positif dalam kondisi situasi di berbagai negara yang sedang mengalami krisis finansial dan ekonomi.

Oleh karena itu, menurut Jokowi, situasi perekonomian Indonesia saat ini perlu dievaluasi.

“Kita patut bersyukur negara kita mampu mengatasi kendala-kendala, permasalahan-permasalahan yang ada dan perekonomian kita masih tumbuh sebesar 5,11 persen pada triwulan I-2024,” kata Jokowi saat berbicara pada pembukaan Rapat Kerja Nasional Serikat Pekerja ke-16. orang Indonesia. Pemerintah Kabupaten (APKASI) 2024 di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (7/10/2024).

“Sekarang sangat sulit bagi negara untuk bertahan dengan pertumbuhan di atas 5 persen. Coba nanti bapak ibu lihat bagaimana angkanya di negara lain,” ujarnya.

Baca juga: Jokowi Ucapkan Selamat kepada Presiden Terpilih Iran, Massoud Pezeshkian

Selain itu, Presiden juga menyatakan tingkat inflasi dalam negeri hingga Juni 2024 dapat dijaga pada level 2,5 persen.

Kepala Negara mengapresiasi capaian pengendalian inflasi yang dicapai berkat upaya para bupati dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Inflasi terakhir yang bisa kita kendalikan adalah 2,5 persen di bulan Juni. Inflasi kita ini berkat kalian sayang. Yang selalu ketemu Mendagri setiap Senin, sering tiap minggu, tapi ada hasilnya,” dia menekankan.

Terkait angka inflasi tersebut, Presiden Jokowi menyinggung Turki dan Argentina yang menurutnya mengalami inflasi yang sangat parah.

Baca Juga: Temui Jokowi, Syekh Agung Al-Azhar, Bahas Kepercayaan untuk Gaza

Pada saat yang sama, Presiden mengingatkan agar ke depan persaingan antar negara di dunia tidak lagi hanya antara negara besar dan negara kecil.

Tapi negara cepat vs. negara lambat. Kecepatan dapat diukur dari pelayanan kepada masyarakat serta mobilitas barang dan manusia.

“Negara yang cepat akan mengalahkan negara yang lambat, dan kita ingin menjadi negara yang cepat dalam bidang pelayanan publik, mobilitas barang dan orang, kita menginginkannya,” tambah Jokowi. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top