Berapa Kadar Gula Darah Puasa Normal? Berikut Penjelasannya…

virprom.com – Gula darah puasa adalah glukosa yang ditemukan dalam tubuh seseorang setelah tidak makan atau minum selama 8 jam. Lalu berapa kadar gula darah puasa yang normal?

FYI, pemeriksaan gula darah puasa ditujukan bagi individu dengan atau tanpa diabetes.

Baca juga: 8 Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan Termasuk Menurunkan Gula Darah

Pesan Primaya Hospital kepada penderita diabetes mungkin tentang pengendalian gula darah puasa, berapa dosis obat dan insulin yang dibutuhkan.

Sedangkan bagi mereka yang tidak menderita diabetes, kadar gula darah puasa mungkin bisa membantu jika mereka mengalami gejala penyakit tersebut.

Untuk lebih jelasnya simak berapa kadar gula darah puasa yang normal dan cara mengontrolnya. Berapa kadar gula darah puasa yang normal?

Menurut American Diabetes Association, kadar gula darah puasa normal rata-rata orang dewasa adalah di bawah 100 mg/dL.

Jika gula darah puasa seseorang antara 100-125 mg/dL, ia termasuk dalam kelompok pradiabetes.

Sedangkan jika hasil pengendalian gula darah puasa 126 mg/dL atau lebih, maka dapat dikatakan orang tersebut menderita diabetes dan diagnosis lebih lanjut dapat ditegakkan.

Namun perlu diketahui bahwa kadar gula darah puasa normal pada orang dewasa muda dan kurus mungkin berbeda, yakni 70 mg/dL.

Dengan mengetahui kadar gula darah puasa yang normal, penderita diabetes dapat berobat sejak dini dan segera.

Baca juga: Apakah serai yang dimasak dengan air bisa menurunkan gula darah? Bagaimana cara memeriksa kadar gula darah secara cepat?

Dilansir Medical News, siapa pun bisa melakukan tes gula darah, tes HbA1c, dan pemantauan gula darah berkelanjutan atau continuous glucose monitoring (CGM) di rumah. Ukur gula darah di rumah

Seseorang dapat memeriksa gula darahnya di rumah menggunakan alat yang disebut glukometer.

Dalam kebanyakan kasus diabetes, dokter meminta pasien untuk mengukur kadar gula darahnya segera setelah bangun tidur dan sebelum mengonsumsi makanan atau minuman apa pun.

Seseorang juga sebaiknya disarankan untuk memeriksa kadar gula darahnya 2 jam sebelum atau sesudah makan. tes HbA1c

Tes ini biasanya mengukur rata-rata kadar gula darah tubuh selama 2-3 bulan terakhir.

Tes ini mengukur persentase protein hemoglobin berlapis gula dalam darah.

Pemeriksaan HbA1c dapat dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan seperti puskesmas, klinik, atau rumah sakit terdekat.

Baca juga: Berapa Kadar Gula Darah Normal Pada Waktu Tertentu? Pemantauan glukosa darah berkelanjutan (CGM)

Monitor glukosa berkelanjutan (CGM), atau pemantauan glukosa darah berkelanjutan, memberikan pemantauan gula darah secara terus menerus melalui sensor yang dikenakan pada tubuh yang terus terhubung ke tubuh melalui perangkat, memberikan informasi secara real-time.

Kabar dari Mayo Clinic, ibu hamil yang berusia di atas 45 tahun, memiliki indeks massa tubuh tinggi, memiliki tekanan darah tinggi, memiliki riwayat diabetes, memiliki pradiabetes, dan mengidap diabetes gestasional sebaiknya melakukan pemeriksaan gula darah puasa. Dengarkan berita terkini dan berita kami pilih langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda Akses saluran whatsapp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top