Bongkar Aliran Uang, KPK Bakal Hadirkan Istri, Anak, dan Cucu SYL di Persidangan

JAKARTA, virprom.com – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menghadirkan keluarga mantan Menteri Pertanian (Mendon) Saihrul Yassin Limpo (SYL) untuk diadili di Pengadilan Tipikor Jakarta. , Senin (27). /5/2024).

SYL merupakan terdakwa kasus pemerasan dan gratifikasi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementen).

Dalam prosesnya, JPU Komisi Pemberantasan Korupsi akan mendengarkan keterangan Ayun Sri Harahab, istri SYL; Putra SYL, Kemal Redindo; dan menantu SYL Andy Tendry untuk menyelidiki dugaan pencucian uang yang dilakukan mantan menteri pertanian tersebut.

Baca Juga: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Sebut Pejabat Kementerian Pertanian yang Menangani Perjalanan Dinas SYL Bisa Dihukum.

Untuk mengetahui peruntukan dan aliran uang yang diterima terdakwa Syahrul Yasin Limbo dan lainnya, kata Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada virprom.com, Minggu (26/5/2024).

Selain keluarga, Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi akan menyediakan staf khusus dari SYL saat menjabat Menteri Pertanian, Joyce Triadman, dan Yuli Eti Ningxi, Kantor Umum Kementerian Pertanian.

Belakangan, Rekening di Nastem Tower, Lena Zanti Susilo, Pengelola Rumah Pribadi SYL, Ali Andri, dan Yang Mulia Sekretariat Utama (Sekjen) Kementerian Pertanian, Ubayda Naban juga dihadirkan sebagai saksi.

Baca Juga: Kasus SYL, Penyanyi Dandut Nayunda Nabila Bisa Jadi Tersangka TPPU, Kata KPK

Dalam kasus tersebut, Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga SYL menerima uang sebesar Rp44,5 miliar dari hasil pemerasan terhadap petugas pembantu dan direktorat di Kementerian Pertanian untuk kepentingan pribadi dan keluarga.

Pungli diduga dilakukan SYL dengan memesan alat dan mesin pertanian, mantan Direktur Kementerian Pertanian Muhammad Hatta; dan mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Kasdi Subagyono; Pejabat Khusus Bidang Politik Imam Mujahidin Fahmid dan asistennya Panchi Harjanto.

Baca Juga: Sahroni Ungkap Putri SYL Indira Sunda Tak Pernah Tampil di DPR Simak berita terkini dan berita ujian kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top