Starlink Mini Dirilis, Seukuran Laptop dan Bisa Dibawa ke Mana-mana

virprom.com – Layanan internet satelit Starlink milik Elon Musk meluncurkan perangkat (antena) baru untuk menerima sinyal satelit bernama Starlink Mini.

Seperti namanya, Starlink Mini berukuran lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan wadah Starlink “biasa”, sehingga dapat dibawa bepergian. 

Menurut halaman spesifikasi Starlink Mini, perangkat ini berukuran panjang sekitar 430mm, tinggi 334mm, dan lebar 79mm serta berat sekitar 1,10kg. Jika dipasang dengan dudukan dan kabel sepanjang 15m, beratnya kurang lebih 1,53kg.

Ukuran ini mirip dengan dimensi laptop. Artinya perangkat Starlink Mini ini bisa dibawa menggunakan tas ransel.

Berbeda dengan antena Starlink standar yang panjangnya kurang lebih 513mm, tinggi 303mm, dan berat 2,9kg (tanpa kabel) atau 3,6kg (dengan kabel). 

Baca Juga: Starlink Kurangi Kecepatan Internet Perumahan Indonesia hingga 159Mbps?

Selain lebih kecil, Starlink Mini juga lebih fungsional karena terintegrasi dengan router Wi-Fi. Komponen ini hanya akan menjadi “jembatan” sinyal internet untuk diterima oleh perangkat pintar, laptop, dll. 

Pada perangkat Starlink standar, router Wi-Fi tidak terintegrasi dan tersedia secara terpisah. Jadi Anda memerlukan ruang ekstra untuk meletakkan router ini.

Dari segi daya, Starlink Mini mendukung teknologi USB-Power Delivery dengan dukungan daya hingga 100W. Namun perangkat ini hanya mengonsumsi daya sekitar 25-40 watt saat beroperasi. 

Artinya, pengguna bisa menggunakan powerbank atau adaptor bernama charger smartphone untuk menghidupkan Starlink Mini.

Fitur lain dari dukungan Starlink Mini antara lain bidang pandang penerimaan satelit hingga 110 derajat, ketahanan terhadap suhu ekstrim dari -30 derajat Celcius hingga 50 derajat Celcius, serta tingkat ketahanan air dan debu IP67. 

Baca juga: Debat Starlink: Masa Depan Internet atau Ancaman Baru Bagi NKRI?

Perangkat ini juga mendukung Wi-Fi 5, teknologi Dual Band 3×3 MU-MIMO, lampu indikator LED dan dapat menampung hingga 128 perangkat secara bersamaan dalam radius hingga 112 meter persegi.

Untuk ketersediaannya, Starlink Mini sudah bisa didapat di pasar Amerika Serikat (AS) saat ini dengan harga US$599 (kira-kira Rp 9,6 jutaan), seperti dirangkum KompasTekno TheVerge pada Jumat (12/7/2024) sudah dibeli.

Pengguna dapat menggunakan perangkat ini untuk berlangganan beberapa layanan internet Starlink AS seperti regional dan mini-roam. Belum ada informasi kapan Starlink Mini akan meluncur di pasar Indonesia.

Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top