Tren Pemberantasan Korupsi Buruk, Jokowi Diwanti-wanti soal Komposisi Pansel Capim KPK

JAKARTA, virprom.com – Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa Panitia Seleksi (Bansel) calon Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (Kapim KPK) telah dipilih dengan integritas.

Burhan mengatakan terpilihnya Bansil menjadi calon pimpinan dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK merupakan kesempatan terakhir bagi Jokowi untuk meninggalkan warisan baik.

Pesan tersebut disampaikan Burhan dalam diskusi jelang pembentukan Pansel KPK 2024-2029 yang disiarkan langsung di YouTube Indonesia Corruption Watch (ICW).

Baca Juga: Pimpinan KPK Diminta Tak Tetapkan Kuota Pimpinan KPK Harus Punya Bukti Kejaksaan atau Polisi

Al-Burhan mengatakan, Minggu (12/5/2024): “Oleh karena itu, setelah beberapa tahun terakhir penilaian publik terhadap komitmen pemerintah Pak Jokowi dalam pemberantasan korupsi semakin menurun, menurut saya ini adalah kesempatan terakhir Pak Jokowi untuk melakukan hal tersebut. memberikan warisan.”

Burhan mengatakan, keputusan Jokowi membentuk Pansel KPK akan memberikan motivasi dan keyakinan masyarakat bahwa Jokowi berkomitmen meninggalkan kebaikan.

Selain itu, pancil ciptaan Jokowi juga diharapkan bisa membuat masyarakat optimis.

Al-Burhan berkata: “Dalam menegakkan hukum dan memberantas korupsi.”

Baca juga: Pansel Capim KPK Masih Dalam Pengembangan, Komposisinya terdiri dari 5 unsur pemerintah dan 4 unsur masyarakat

Berdasarkan survei rutin yang dilakukan Indikator Politik, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap ECC terus memburuk.

Di sisi lain, penilaian masyarakat cenderung menunjukkan bahwa kondisi yang diperlukan untuk memberantas korupsi sangatlah buruk.

Padahal, KPK pernah meraih kepercayaan masyarakat yang sangat tinggi dan hanya berada di bawah TNI.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, kepercayaan masyarakat terhadap ECC terus menurun hingga mencapai tingkat yang lebih tinggi dibandingkan kepercayaan masyarakat terhadap Republik Demokratik Rakyat Korea dan partai politik.

Al-Burhan menjelaskan: “Kami berharap (informasi ini) dapat membantu siapa pun dan pihak mana pun dalam keseriusan KPK dan Partai Dewas di bawah kepemimpinan Dewas.”

Baca Juga: Burhanuddin Muhtadi: KPK ibarat anak yang tidak diinginkan sehingga perlu dukungan masyarakat

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden Arie Dwaipayana mengatakan pembentukan panitia pencalonan pimpinan KPK dan Dewas KPK 2024-2029 akan diumumkan pada Mei 2024.

Menurut Arie, pembentukan Bansil masih dalam proses.

“Pembentukan pengurus pimpinan PKK masih dilaksanakan dan rencananya akan diumumkan pada bulan ini,” kata Ari saat dikonfirmasi virprom.com, Rabu (5/8/2024). Dengarkan berita dan berita terkini kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top