Menteri BUMN Cek Kesiapan Jaringan Gas Pertamina di IKN

virprom.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meninjau antusias BUMN dalam pembangunan sarana dan prasarana energi di Ibu Kota Negara (IKN), termasuk jaringan gas (jargas) Pertamina.

Pembangunan jaringan gas bumi di IKN dilakukan oleh PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sebagai Subholding Gas Pertamina.

Erick mengatakan, pemerintah bersama BUMN berencana membangun kawasan industri hijau di IKN. Pemasok gas bumi, Pertamina menunjukkan komitmennya untuk menjamin IKN energi bersih.

“10-15 tahun ke depan kami perkirakan minimal ada satu kawasan industri, tapi kawasan industri hijau,” kata Erick dalam siaran pers yang diperoleh virprom.com, Minggu (30/6/2024).

Wakil Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Wiko Migantoro menjelaskan, pihaknya memprioritaskan penggunaan pipa gas untuk menyediakan energi bersih bagi IKN.

“Kami akan menggantinya dengan pemasangan jalur gas bumi. Pelaksanaan pembangunannya terintegrasi dengan pembangunan fasilitas lainnya, seperti jalur air, jalur gas, dan jalur listrik,” kata Wiko.

Baca juga: Digitalisasi dan Riset Teknologi, Kunci Utama Kinerja Positif Pertamina di 2023

Kendaraan tanker gas akan terus melaju di berbagai hunian vertikal, rumah tanah yang menjadi rumah dinas para perwira dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan IKN. Kawasan Pusat Pemerintahan (KIPP) akan dibagi menjadi beberapa tingkatan. Semula, penyambungan jalur gas ke IKN diharapkan selesai pada Agustus 2024.

Selain pengembangan jaringan gas di IKN, Pertamina juga sedang mempersiapkan Pertamina Sustainable Energy Center yang meliputi Pertamina Sustainability Academy, Pertamina Training Institute, dan Pertamina Research and Innovation Center for Sustainable and Low Carbon Technologies.

Sebagai perusahaan terdepan di sektor transisi energi, Pertamina berkomitmen mendukung tujuan net zero emisi pada tahun 2060, dengan terus memperkuat kebijakan yang berdampak langsung pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan prinsip-prinsip lingkungan hidup, sosial dan tata kelola (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasional Pertamina. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran whatsapp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top