Mengenal Bahan Aktif Retinart dalam Skincare, Sama dengan Retinol?

JAKARTA, virprom.com – Meski kondisinya tidak sesulit kulit orang dewasa, namun kulit remaja rentan mengalami berbagai masalah dari berbagai faktor karena kulit masih dalam tahap perkembangan.

Salah satu cara merawat kulit remaja dari kerusakan adalah dengan mulai menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif.

Senior Group Director Emina Clarissa A. Gunawan menjelaskan bahan aktif seperti retinol baik untuk kulit. Namun, cocok untuk orang dewasa.

“Retinol memang punya efek positif pada kulit dewasa, tapi banyak juga efek sampingnya. Misalnya kalau tidak bagus bisa menyebabkan iritasi.” Kalau retinol murni tidak kena sinar matahari,” ujarnya di Jakarta, Jumat (12/7/2024).

Baca juga: 4 Cara Pakai Retinol untuk Pemula Agar Tidak Iritasi Ketahui Perbedaan Retinol dan Retinoid.

Sebagai alternatif bagi remaja, ada juga produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif Retinart, seperti yang digunakan Emina pada produk barunya, GloRad+ Series.

Dermatolog Emina Hira Listya Pinastika menjelaskan, Retinart atau dikenal dengan bio-retinol merupakan mikroalga yang cara kerjanya sama dengan retinol, yakni mendorong pergantian sel kulit dan meremajakan kulit.

Oleh karena itu, penggunaan Retinart membantu membuat wajah menjadi lebih cerah sekaligus menyembunyikan pori-pori.

“Untuk transplantasi sel kulit, ada metode berbeda.” Singkatnya, Retinart tidak melakukan pendekatan agresif,” kata Hira, Jumat.

Oleh karena itu, produk perawatan kulit yang mengandung Retinart lebih cenderung menyebabkan kemerahan atau membuat kulit menjadi sensitif.

Fotosensitif merupakan kondisi dimana kulit sangat sensitif terhadap sinar matahari atau sinar ultraviolet sehingga mudah terbakar.

Baca juga: Apakah Produk Perawatan Kulit Bisa Digunakan untuk Area Lipatan? Pilih perawatan kulit untuk remaja, harus lembut dan efektif

Kondisi ini bisa terjadi pada pengguna retinol. Oleh karena itu, kata Hira, retinol tidak disarankan digunakan pada pagi hari, apalagi jika kita berencana beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar ultraviolet matahari.

“Karena Retinart merupakan bio-retinol yang merupakan produk ekstrak mikroalga, sehingga tidak merespon faktor fotogenik. Oleh karena itu, dapat digunakan pada pagi dan malam hari,” ujarnya. Dengarkan berita dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda Pilih saluran favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top