9 Kebiasaan yang Mengakibatkan Kulit Kering

virprom.com – Kulit kering seringkali membuat kita kurang percaya diri karena terlihat jelek, mengelupas, dan kehilangan kilau. Tak heran jika masyarakat mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan perawatan kulit, khususnya pelembap atau pelembap.

Namun selain menggunakan pelembab, kita juga harus menghindari penyebab kulit kering. Lalu apa penyebab kulit kering? Inilah hal-hal dan kebiasaan yang dapat membuat kulit kita kering: 1. Mandi air panas dalam waktu lama

Mandi air panas di malam yang dingin memang menyenangkan. Namun, tindakan memanjakan yang tampaknya tidak berbahaya ini akan membuat kulit Anda cepat kering. 

“Paparan berlebihan terhadap air, terutama air panas, dapat menghilangkan minyak alami pada kulit dan merusak pelindung kulit,” jelas Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York. 

Lebih baik mandi sebentar – sepuluh menit atau kurang – pada suhu tidak melebihi 29 derajat Celcius.

Baca juga: Cuci Muka dengan Air Dingin atau Hangat, Mana yang Lebih Baik? 2. Cuci diri Anda dengan sabun yang keras

Anda mungkin berpikir bahwa semua sabun cukup baik untuk membersihkan kulit Anda, namun kenyataannya tidak demikian, terutama jika sabun tersebut mengandung deterjen dan bahan kimia yang keras. 

“Sabun tradisional menggunakan bahan pembersih keras yang disebut surfaktan yang memiliki pH basa,” jelas Dr. Zeichner. “Produk yang bersifat basa dapat merusak lapisan luar kulit dan mencegah kulit melindungi dirinya dengan baik sehingga menyebabkan kekeringan dan iritasi.” 

Sabun lembut tanpa pewangi lebih cocok untuk pH kulit yang sedikit asam dan akan membersihkan dengan baik tanpa merusak integritas kulit, tambah Dr. Zeichner. 3. Sering-seringlah melakukan pemutihan

Apa penyebab lain dari kulit kering? Terlalu banyak yang terkelupas! Ada alasan mengapa petunjuk produk pengelupasan wajah mengatakan untuk menggunakannya tidak lebih dari sekali atau dua kali seminggu. 

Meskipun pengelupasan kulit bisa sangat bermanfaat, terutama untuk kulit kering, pengelupasan kulit yang berlebihan dapat menyebabkan robekan mikroskopis yang menyebabkan peradangan, kemerahan, kekeringan, dan pengelupasan. 

“Tujuan eksfoliasi adalah untuk mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan kecerahan dengan membiarkan cahaya terpantul di permukaan kulit,” jelas Dr. Zeichner. 

Namun, jika kita tidak memberikan waktu yang cukup di antara pengelupasan, hal itu akan menghilangkan kulit yang sehat, bukan kulit mati. 

Gunakan pembersih sekali atau dua kali seminggu dan pilih merek yang mengandung bahan seperti asam salisilat atau asam glikolat. “Bahan-bahan ini melarutkan ikatan antar sel kulit untuk mengangkat sel dari permukaan kulit dengan lembut,” kata Dr. Zeichner. 

Baca juga: 6 Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya 4. Salah Menggunakan Pelembab

Jika kulit Anda cenderung lebih kering, lotion mungkin bisa menjadi jawabannya, namun sebaiknya hindari beberapa jenis, terutama yang mengandung pewangi, karena dapat semakin mengiritasi kulit Anda. 

“Lotion ini berbahan dasar air dengan kandungan minyak yang rendah, sehingga tidak terserap dengan baik ke dalam kulit dan cepat menguap sehingga membuat kulit semakin kering,” jelas Dr. Jerome Garden, direktur Physicians Laser and Dermatology Institute. di Chicago 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top