Akibat Kurang Caleg Perempuan, KPU Gelar Pileg Ulang Gorontalo VI 13 Juli 2024

JAKARTA, virprom.com – Pemilihan umum (Pileg) pemilihan anggota DPRD Gorontalo untuk daerah pemilihan Gorontalo VI (Dapil) akan digelar pada Sabtu, 13 Juli 2024.

Hal itu telah diputuskan melalui Keputusan KPU RI Nomor 768 Tahun 2024 yang ditandatangani Ketua KPU RI Hasim Asyari.

“Pemungutan suara dan penghitungan ulang suara pada hari Sabtu tanggal 13 Juli 2024 di TPS,” tulis Hasim dalam Lampiran VII keputusan tersebut.

Baca Juga: KPU isyaratkan ikuti keputusan MA soal usia calon kunci daerah

Prosesnya akan dilanjutkan dengan pengumuman hasil pemungutan suara dan penghitungan ulang suara di TPS dan PPS (Panitia Pemungutan Suara, Tingkat Desa/Kota) sebelum Minggu, 14 Juli 2024.

KPU RI kemudian menjadwalkan pengumuman hasil penghitungan suara tingkat daerah pada 20 Juli 2024.

Sebelumnya, sejumlah partai politik peserta pemilu legislatif di daerah pemilihan ini diberi kesempatan untuk melakukan revisi daftar calon tetap (DCT) guna memenuhi kuota keterwakilan caleg perempuan sebesar 30 persen.

Baca Juga: Pemilu Parlemen 2029, KPU Harus Singkirkan Parpol yang Belum Dapat 30 Persen Caleg Perempuan

Pada pemungutan suara 14 Februari lalu, terdapat 4 partai yang tidak memenuhi syarat pengukuhan namun tetap disetujui KPU untuk mengikuti kontestasi, yakni Partai Demokrat, PKB, Nasdem, dan Gerindra.

“Jika suatu partai politik tidak dapat memenuhi syarat minimal tersebut, maka KPU wilayah Gorontalo akan meniadakan keikutsertaan partai politik tersebut dalam pemilihan calon anggota DPRD daerah tersebut,” kata Saldi, Wakil Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi. ISRA, vide Putusan Nomor MK 125-01-08-29/PHPU.DPR -DPRD-XXII/2024 yang menerima perkara PKS. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top