Peringati Bulan Kesadaran Auditor, DPR Ingin Tingkatkan Kualitas Penasihat Organisasi

virprom.com – Irjen Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI menyelenggarakan Konferensi Nasional bertema “Pertukaran Praktik Akuntansi: Kepemimpinan, Etika, dan Profesionalisme” di Gedung Pustakaloka, Gedung Nusantara IV DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (30/5/2024). 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Indra Iskandar menilai peringatan tersebut bertujuan untuk memantau operasional internal, mengikuti pedoman, dan memastikan kepatuhan terhadap evaluasi risiko yang mungkin terjadi. 

“Kita semua harus sepakat untuk meyakini dan meyakini bahwa peran Irjen sebagai inspektur kegiatan DPR merupakan bagian dari kewajiban moral kita untuk saling melindungi,” ujarnya seperti dilansir dpr.id. 

Pertemuan nasional tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati bulan pengakuan profesional relawan internal yang diperingati setiap bulan Mei.

Proses ini dilakukan oleh auditor yang bertindak sebagai penasihat terpercaya suatu perusahaan atau organisasi.   

Baca juga: Soal RUU Kelautan, DPR RI Minta Pemerintah Lakukan Pemungutan Suara

Indra mengatakan pertukaran pengalaman antar profesional menjadi bagian penting dalam mendorong inovasi dan merevisi proses evaluasi. 

Ia mengatakan, sorotan bukan satu-satunya cara untuk merayakan kontribusi auditor internal.

Selain itu, peringatan ini menjadi insentif untuk terus meningkatkan kualitas dan relevansi profesi akuntansi untuk menghadapi tantangan yang lebih sulit. 

Sementara itu, Direktur Jenderal Pelaksana Harian (Plh) Irjen DPR Furcony Putri Syakura mengatakan, konferensi nasional yang digelar Irjen DPR RI ini sebagai pengingat bulan hikmah bagi internal industri. .

Acara ini diadakan untuk meningkatkan dan merayakan peran penting relawan dalam sebuah organisasi. 

“Kami sebagai auditor mengucapkan terima kasih kepada para auditor, terutama karena telah berbagi pengetahuan dan pemahaman dengan pemangku kepentingan mengenai peran dan fungsi proses audit internal,” ujarnya kepada Auditor Jenderal Sekretaris Jenderal DPR RI, Nana Sudjana. . 

Baca juga: DPR ingatkan Telkom jangan sampai rugi akibat kehadiran Starlink

Menurut Furcony, auditor dapat berkontribusi terhadap pembangunan negara dan meningkatkan kualitas praktik audit internal yang baik di sektor pemerintah dan non-pemerintah.

Pekerjaan ini juga ditandai dengan pertemuan perjanjian kerja sama dan dilanjutkan dengan penerbitan perjanjian kerja sama antara Sekretariat Jenderal DPR RI yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar dan Jaksa Agung RI yang diwakili oleh Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Reda Manthovani. 

Usai kesepakatan kerja sama, pertemuan dilanjutkan dengan sesi foto bersama Sekjen DPR RI dan Jaksa Agung RI.

Seminar nasional tersebut diisi dengan berbagai hiburan, salah satunya adalah Inspektur Ketua dan penampilan tari dari Parliamentary Dance Society dibawah arahan Furcony yang juga membawakan tari pembuka Tari Nusantara Gemilang.

Baca juga: Anggota Komisi IX DPR: Tapera Proyek Bagus, Tapi Perlu Digandeng

Rapat tersebut juga dihadiri oleh Pimpinan Rapat Sekretaris Jenderal DPR RI Suprihartini, Ketua Kelompok Ahli Sekretaris Jenderal DPR RI Inosentius Samsul, dan Inspektur I Sekretariat Jenderal DPR. RI, Mohammad Djazuli. Dengarkan berita terkini dengan pilihan berita kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top