Hari Ini Rwanda Gelar Pilpres, Akankah Kagame Perpanjang Kekuasaannya?

KIGALI, virprom.com – Pemilihan presiden digelar di Rwanda pada Senin (15/7/2024) (Pilpres).

Akankah Presiden Rwanda Paul Kagame menang dan memperpanjang kekuasaannya sejak ia terpilih sebagai presiden pada tahun 2000?

Menurut AFP, pemimpin de facto Rwanda sejak berakhirnya genosida pada tahun 1994 dan presiden sejak tahun 2000, Kagame hanya menghadapi dua tantangan ketika beberapa kritikus terkemuka dilarang mencalonkan diri.

Baca juga: Senin Rwanda Bakal Gelar Pemilu, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui

Daftar tersebut merupakan salinan dari pemilu terakhir pada tahun 2017, ketika Kagame kalah dari saingannya dengan hampir 99 persen suara, dan tidak ada keraguan mengenai hasil tahun ini.

Pemimpin Aliansi Demokratik Hijau Frank Habineja dan independen Philip Mpeimana adalah dua dari delapan kandidat yang disetujui untuk mencalonkan diri melawan Kagame.

Dengan 65 persen penduduk Rwanda berusia di bawah 30 tahun, Kagame, yang mencalonkan diri untuk masa jabatan keempat, adalah satu-satunya pemimpin yang pernah dikenal di Rwanda.

Pria berusia 66 tahun ini berjasa membangun kembali negara yang mengalami trauma setelah pembantaian yang dilakukan oleh ekstremis Hutu yang menewaskan hampir 800.000 orang, sebagian besar orang Tutsi tetapi juga kelompok Hutu moderat.

Namun kelompok hak asasi manusia secara luas mengkritik pemerintahannya sebagai seorang otokrat, dengan penahanan sewenang-wenang, pembunuhan dan penindasan terhadap media dan oposisi politik.

Di luar negeri, mereka menghadapi tuduhan memicu ketidakstabilan di negara tetangga, Republik Demokratik Kongo.

Baca juga: Akankah Paul Kagame Menjadi Presiden Rwanda Seumur Hidup?

Sebuah laporan PBB mengatakan pasukan Rwanda memerangi pemberontak M23 di wilayah timur yang bermasalah.

Pada hari Senin, lebih dari 9 juta warga Rwanda terdaftar sebagai pemilih, dan untuk pertama kalinya, pemilihan legislatif diadakan bersamaan dengan pemilihan presiden.

Pemungutan suara telah dimulai pada pukul 7 pagi waktu setempat dan penghitungan suara akan dimulai segera setelah berakhir pada pukul 3 sore dan sebagian hasil diharapkan akan diumumkan seiring dengan berjalannya proses penghitungan suara. Dengarkan pilihan berita dan berita terkini kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top