Zelensky Tanggapi Pidato Biden yang Salah Sebut Dirinya sebagai Putin, Apa Katanya?

DUBLIN, virprom.com – Pada Sabtu (13 Juli 2024), Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menanggapi pidato Presiden AS Joe Biden di KTT NATO yang salah menyebut dirinya sebagai Presiden Rusia Vladimir Putin.

Tampaknya tidak ada masalah dengan hal ini.

Pada awal kunjungannya ke Irlandia, Zelensky mengatakan kepada wartawan di Bandara Shannon bahwa kesalahan Biden merupakan kesalahan yang akan dilupakan.

Baca juga: Kesalahan Biden Menelepon Zelensky Putin di Pertemuan NATO

“Saya kira AS memberikan banyak bantuan kepada Ukraina. Kita bisa melupakan beberapa kesalahan, saya kira begitu,” jelasnya, seperti dilansir AFP.

Zelensky berencana bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Irlandia Simon Harris pada Sabtu ini. Ini akan menjadi pertemuan bilateral pertama mereka di tanah Irlandia.

Saat ditanya mengenai pesannya kepada Irlandia, Zelensky mengaku sangat berterima kasih kepada negara tersebut yang sudah siap menerima warga Ukraina yang terkena dampak perang.

“Pertama-tama, terima kasih banyak atas bantuan Anda, terima kasih kepada Irlandia yang menerima banyak pengungsi dari Ukraina, Anda telah bersama kami sejak awal invasi Rusia,” ujarnya.

Selama pembicaraan, Harris diperkirakan akan menunjukkan dukungan Irlandia terhadap upaya Ukraina menjadi anggota Uni Eropa.

Zelensky sedang dalam perjalanan pulang dari Washington, di mana dia menghadiri pertemuan memperingati ulang tahun ke-75 NATO.

Baca juga: Biden Salah Sebut Wakil Presiden Kamala Harris Sebagai Wakil Presiden Trump

Dalam pertemuan tersebut, Biden yang berusia 81 tahun melakukan kesalahan, sebelum segera memperbaikinya.

“Dan sekarang saya ingin menyerahkannya kepada Presiden Ukraina, yang mempunyai keberanian dan tekad yang sama dengan bapak dan ibu sekalian, Presiden Putin,” kata Biden saat mengumumkan aliansi NATO-Ukraina, Kamis (7/11/2024). ).

Tuan Biden berbalik dari podium sebelum kembali berteriak, “Presiden Putin! Dia akan mengalahkan Presiden Putin. Presiden Zelensky – Saya sangat fokus untuk mengalahkan Putin sehingga kita harus mengkhawatirkannya. Itu saja, Tuan Presiden. “

Zelensky segera mengatakan bahwa dia “lebih baik” daripada Putin, namun insiden tersebut menimbulkan kekhawatiran mengenai usia dan sikap Biden. 

Biden telah menegaskan komitmennya untuk kembali mencalonkan diri pada pemilu presiden AS 2024 pada November mendatang.

  Dengarkan berita terbaru dan cerita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran pilihan Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://vvv.vhatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top