Hujan Deras Langka 200 Tahun Sekali di Korea Selatan, 4 Warga Tewas

SEOUL, virprom.com – Hujan lebat tercatat terjadi di beberapa wilayah Korea Selatan, menewaskan empat orang, menurut Kementerian Dalam Negeri. 

Badan cuaca Korea Selatan menyebutkan hujan ini biasanya terjadi setiap 200 tahun sekali.

“Curah hujan di tiga wilayah tersebut berada pada titik tertinggi dalam 200 tahun,” kata pejabat Badan Meteorologi Korea Selatan kepada AFP, Rabu (10/7/2024).

Baca Juga: Hujan deras di India mengganggu lalu lintas, memaksa sekolah tutup

Tiga distrik yang paling terkena dampak adalah Geumsan di Chungcheong Selatan, Chupungnyeong di Chungcheong Utara, dan Gunsan di Jeolla Utara. 

Wilayah ini mencatat curah hujan per jam tertinggi, menurut departemen cuaca. Juru bicara badan tersebut menjelaskan, pencatatan lengkap curah hujan di Korea Selatan baru dimulai pada tahun 1904.

Gunsan menerima curah hujan sebesar 131,7 mm dalam satu jam pada Rabu pagi, lebih dari 10 persen curah hujan tahunan rata-rata di wilayah tersebut.

Akibat hujan lebat, beberapa sungai meluap dan jalan terendam banjir. Gambar yang disiarkan di stasiun televisi Korea Selatan menunjukkan orang-orang berenang di air dingin di beberapa daerah.

Empat orang tewas dalam hujan lebat ini. 

Tim penyelamat menemukan sesosok mayat terjebak di dalam lift pada Rabu pagi setelah sebuah apartemen studio terendam banjir di Nonsan, Chungcheong Selatan, kantor berita Yonhap melaporkan.

Korban lainnya ditemukan tewas setelah didorong ke sistem drainase saat memeriksa pabriknya di kota Daegu. 

Baca juga: Hujan Sebabkan Sungai Yangtze di China Banjir, 242.000 Orang Dievakuasi

Seorang pria yang baru saja kembali dari penggembalaan mengendarai mobilnya ke sungai di Chungcheong Utara dan tubuhnya ditemukan hampir tiga jam kemudian. 

Seorang pria berusia 70-an meninggal setelah rumahnya runtuh akibat tanah longsor di Seocheon, Yonhap melaporkan.

Baca Juga: Orang Thailand Gunakan Boneka Doraemon Saat Hujan untuk Ritual Memanggil, Bagaimana Jadinya?

Operator kereta api menghentikan beberapa layanan yang mencakup wilayah selatan yang dilanda hujan lebat. Menteri Dalam Negeri Lee Sang-min mendesak warga untuk menghindari tempat parkir, jalan bawah tanah dan sungai saat hujan lebat. Dengarkan berita kami dan pilih langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top