Samsung Galaxy Z Fold 6 Meluncur, Bodi Makin Tipis dan Galaxy AI Lebih Canggih

PARIS, virprom.com – Samsung meluncurkan ponsel lipat generasi terbaru seri Galaxy Z di seluruh dunia pada Rabu (10/7/2024) pukul 15.00 waktu Paris atau 20.00 WIB di Prancis. Salah satu yang dihadirkan adalah Samsung Galaxy Z Fold 6.

Wartawan KompasTekno Galuh Putri Riyanto berkesempatan menyaksikan langsung debut Samsung Galaxy Z Fold 6 pada ajang Galaxy Unpacked 2024 yang digelar di Carrousel du Louvre di Paris, Prancis.

Samsung Galaxy Z Fold 6 memiliki banyak peningkatan dibandingkan pendahulunya, Galaxy Z Fold 5. Peningkatan yang paling spesifik adalah bodi yang lebih ringan dan sejumlah fitur bawaan Galaxy AI yang lebih canggih dan didukung AI.

Samsung Galaxy Z Fold 6 juga menghadirkan desain engsel baru, chipset baru, dan pembaruan OS Android generasi ke-7 (OS update).

Baca Juga: Keuntungan Samsung Tumbuh 15 Kali Lipat Berkat Kecerdasan Buatan dan Seri Galaxy S24 Z Fold Tertipis dan Ringan

Samsung Galaxy Z Fold 6 kini memiliki bodi panjang berukuran 132,6 x 153,5 x 5,6mm saat dibuka.

Ngomong-ngomong, saat dilipat, smartphone ini berukuran panjang 68,1 mm, lebar 153,5 mm, dan tebal 12,1 mm dengan bobot yang sama. Berat total Galaxy Z Fold 6 adalah 239 gram.

“Samsung Galazy Z Fold 6 adalah ponsel lipat kami yang tertipis dan teringan yang pernah ada,” kata Annika Bizon, Brand and Channel Marketing Ambassador Samsung di panggung Galaxy Unpacked.

Dimensi dan bobot tersebut menjadikan Samsung Galaxy Z Fold 6 menjadi seri Z Fold paling ringan di antara “saudaranya”. Buktinya, berikut perbandingan dimensi Galaxy Z Fold yang semakin tipis dan ringan seiring berjalannya waktu: Seri Z Fold Tebal saat dibuka Tebal saat dilipat Berat Samsung Galaxy Z Fold 6 (2024) 5,6 mm 12,1 mm 239 gram Samsung Galaxy Z Fold 5 (2023) 6,1 mm 13,4 mm 253 gram Samsung Galaxy Z Fold 4 (2022) 6,9 mm 15,9–17,1 mm 263 gram Samsung Galaxy Z Fold 3 (2021) 6,9 mm 15,9–17,1 mm 271 gram Samsung Galaxy Z Fold 2 (2020) 6,9 mm 13,8–16,8 mm 282 gram Samsung Galaxy Z Fold (2019) 6,9 mm 15,5 mm 276 gram

Ngomong-ngomong, dari segi desain, Samsung Galaxy Z Fold 6 tidak banyak berubah dibandingkan generasi sebelumnya. Namun bezel samping kanan dan kiri ponsel ini lebih datar dibandingkan Galaxy Z Fold 5.

Baca juga: Samsung Galaxy Ring Resmi Dirilis, Dibanderol Rp 6,4 Jutaan. Spesifikasi Samsung Galaxy Z Lipat 6

Untuk menghadirkan seluruh kekuatan dan performa Galaxy AI, Galaxy Z Fold 6 ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 Galaxy.

Tag “Untuk Galaxy” menunjukkan bahwa chipset terkuat Qualcomm telah dirancang khusus untuk seri Galaxy Z Fold-Flip 6, misalnya, menghadirkan peningkatan NPU untuk pemrosesan AI yang efisien.

Chipset Galaxy Snapdragon 8 Gen 3 juga menjadi bagian dari trio seri Galaxy S24.

Samsung Z Fold 6 hadir dengan chipset Galaxy Snapdragon 8 Gen 3, RAM 12GB, dan opsi penyimpanan 256GB, 512GB, dan 1TB.

Sedangkan untuk layar, Samsung Galaxy Z Fold 6 memiliki 2 layar utama Dynamic AMOLED 7,6 inci dengan resolusi QXGA+, adaptive refresh rate 1-120 Hz, tingkat kecerahan puncak 2600 nits, kerapatan piksel 374 ppi, aspek rasio 20,9:18. layar. .

Sementara layar sekundernya, disebut juga cover screen, mengusung panel Dynamic AMOLED 2x berukuran 6,3 inci dengan resolusi HD Plus, refresh rate 120Hz, tingkat kecerahan puncak 2600 nits, kerapatan piksel 410 ppi, aspek rasio 22,1:9.

Soal kamera, ponsel ini punya kamera depan dan belakang yang sama dengan Galaxy Z Fold 5. Soal kamera belakang, ponsel ini punya kamera utama 50MP (f/2.2), kamera ultra-wide 12MP (f/2.2). -kamera sudut. /2.2) dan lensa telefoto 10 MP (f/2.4, zoom optik 3x, PDAF, OIS).

Pengaturan kamera depannya terdiri dari kamera selfie 10MP di layar sekunder (lid screen) dan kamera selfie 4MP di bawah layar utama.

Samsung Z Fold 6 memiliki sistem pendingin ruang uap yang 1,6 kali lebih besar dibandingkan Z Fold5.  Namun, Samsung yakin pengguna akan bisa bermain game lebih lama tanpa adanya penurunan performa di Galaxy Z Fold 6.

Selain itu, Samsung Galaxy Z Fold 6 mengemas baterai 4.400mAh dengan dukungan pengisian cepat 25W melalui USB-C. Berkat ini, ponsel dapat diisi dayanya dari 0 hingga 50 persen dalam waktu 30 menit.

Ponsel ini berjalan pada sistem operasi Android 6.1.1 dengan OneUI 14. Fitur lain dari Samsung Z Fold 6 antara lain dukungan konektivitas 5G, Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.3.

Baca juga: Sekilas Evolusi Samsung Galaxy Buds yang Dirilis 5 Tahun Lalu. Fitur Galaxy AI lebih kompleks.

Samsung juga saat ini fokus mendukung teknologi Galaxy AI untuk ponsel. Samsung Galaxy Z Fold 6 merupakan Z Fold pertama yang hadir dengan fitur Galaxy AI secara native.

Fitur Galaxy AI akan diperkenalkan pada peluncuran seri Galaxy S24 pada Januari 2024.

Menyusul hal tersebut, Samsung mulai memperluas ketersediaan Galaxy AI ke ponsel andalan lainnya, termasuk Galaxy Z Fold generasi sebelumnya seperti Galaxy Z Fold 5, Z Fold 4, dan Z Fold 3 melalui pembaruan OneUI 6.1.

Yang istimewa, Galaxy AI di Samsung Z Fold 6 lebih baru dan lebih canggih dari fitur Galaxy AI yang sudah ada (Search Circle, Notes Assistant, Translator, Live Translation, Chat Assistant, Productivity Editing, Transcription Assistant, Review Assist). .

Baca Juga: Ini Harga Resmi Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 di Indonesia.

Samsung Galaxy Z Fold 6 hadir dengan sejumlah fitur Galaxy AI yang baru dan lebih baik. Berikut beberapa poin utamanya: 1. Dari sketsa ke gambar.

Fitur ini memungkinkan pengguna membuat gambar menggunakan kecerdasan buatan. Menariknya fitur ini bisa digunakan untuk foto di galeri dan di Samsung Notes.

“Sketch to Image merupakan fitur terbaru Galaxy AI. Fitur ini dibuat dengan memanfaatkan kekuatan kecerdasan buatan untuk membantu mewujudkan imajinasi pengguna menjadi kenyataan. Pengguna cukup membuat sketsa gambar dan Galaxy AI akan memahami sketsa tersebut dan kemudian membuat gambar dalam berbagai format. gaya,” katanya. Jenny Blackburn, Wakil Presiden Pengalaman Pengguna Google Gemini.

Di galeri, pengguna dapat menggunakan fitur Thumbnail to Image untuk menambahkan objek pada gambar yang ada.

Caranya, pengguna membuka foto yang ingin diedit. Kemudian klik ikon bintang Galaxy AI. Kemudian klik “Gambar Gambar” di pojok kiri bawah. Kemudian gambar objek yang diinginkan (seperti bunga, mahkota, bintang, dll).

Kemudian klik “Buat”. Galaxy AI kemudian mengubah gambar tangan pengguna menjadi beberapa gambar digital unik yang menyerupai gambar tangan aslinya. Klik “Simpan untuk Salin” untuk menyimpan foto beserta gambar tambahan dari Galaxy AI.

Di Samsung Notes, pengguna terutama harus menggambar objek secara manual. Selanjutnya, klik logo bintang Galaxy AI lalu klik “Sketch to Image.” Pengguna dapat memilih jenis gambar yang ingin dikonversi, baik jenis gambar cat air, ilustrasi, sketsa, seni pop, atau kartun.

Kemudian klik “Buat”. Galaxy AI kemudian mengonversi pengguna ke jenis gambar yang dipilih.

Berdasarkan pengalaman KompasTekno, hasil objek tambahan mulai dari “Sketsa” hingga “Gambar” di galeri dan Samsung Notes ditampilkan dengan benar dan sesuai dengan yang digambar manual oleh pengguna.

Baca juga: Samsung Umumkan Jam Tangan One UI 6 dengan Galaxy AI 2. Studio Potret

Fitur ini memungkinkan pengguna mengubah foto menjadi gaya komik, kartun 3D, cat air, dan sketsa.

Untuk melakukan ini, pilih foto dari galeri dan klik ikon bintang Galaxy AI. Kemudian pilih gaya yang Anda inginkan dan klik Buat.

Galaxy AI kemudian mengubah foto asli pengguna menjadi gaya yang dipilih. Misalnya, jika Anda memilih gaya sketsa, foto akan diubah menjadi sketsa hitam putih. Jika memilih Kartun, maka foto asli pengguna akan dimodifikasi menyerupai karakter kartun.

Berdasarkan pengalaman KompasTekno, dengan menggunakan fitur ini Anda bisa mencoba mendapatkan foto profil di jejaring sosial atau profil WhatsApp yang dibuat menggunakan kecerdasan buatan yang akhir-akhir ini sedang populer. 3. Komposer

Fitur ini memungkinkan pengguna membuat teks unik berdasarkan perintah teks sederhana untuk email, perpesanan, dan jejaring sosial. Misalnya, pengguna ingin mengucapkan selamat ulang tahun kepada seseorang. Pengguna dapat menggunakan fitur Composer untuk membuat ucapan selamat ulang tahun yang unik.

“Layar besar Samsung Galaxy Z Fold 6 yang dipadukan dengan kekuatan kecerdasan buatan membuka peluang baru untuk bekerja lebih produktif. Misalnya saja fitur Composer yang dapat mempermudah pembuatan email. Cukup masukkan perintah teks singkat (undangan) dan Komposer akan berkata: “E-Mail sudah penuh,” lanjut Jenny.

Pengguna hanya perlu membuka Samsung Notes > klik logo bintang Galaxy AI > klik Composer > masukkan perintah seperti “ucapan selamat ulang tahun romantis untuk suami”.

Pengguna dapat memilih bahasa yang lebih “profesional”, “santai” atau “sopan”. Pengguna juga dapat memilih nama untuk teks yang mereka buat, seperti “standar”, “email”, “komentar”, dan “media sosial”.

Kemudian pengguna perlu mengklik “Buat”. Galaxy AI Composer kemudian akan memberikan hasil percakapan yang diinginkan. Pengguna dapat mengklik Refresh untuk mendapatkan hasil yang berbeda.

Perlu diketahui bahwa fitur Composer mendukung bahasa Indonesia pada keyboard Samsung. Dengan begitu, pengguna di Indonesia bisa langsung mencoba fitur ini dalam bahasa aslinya. 4. Penerjemah baru

Fitur penerjemah kini telah diperbarui untuk menyertakan dua opsi baru: “mode bicara” dan “mode mendengarkan”.

Mode percakapan dimaksudkan untuk digunakan pengguna saat berkomunikasi dengan orang asing, seperti saat bepergian ke luar negeri dan menanyakan rekomendasi makanan/tempat populer.

Menariknya, layar Penerjemah kini lebih intuitif karena dapat dilihat di layar sekunder dan layar utama.

Dengan dukungan cover screen, masing-masing pihak dapat melihat hasil terjemahan secara bergantian dari layar utama dan layar cover, sehingga komunikasi dengan orang asing menjadi lebih natural.

Hal ini memberikan pengalaman baru dalam berkomunikasi dengan orang yang berbahasa asing, karena pengguna tidak perlu lagi terus-terusan memegang ponsel orang lain agar dapat berbicara dalam bahasa aslinya dan melihat hasil terjemahannya. bahasa yang kita gunakan untuk berbicara dengan orang yang mereka ajak bicara. selama percakapan.

Opsi “Mode Mendengarkan” ini memungkinkan pengguna untuk menyalin dan menerjemahkan audio. Kasus penggunaan mencakup pendidik yang menyajikan materi kursus, kolega yang memberikan presentasi, pengguna yang menghadiri seminar, atau mendengarkan konten audio.

5. Lingkaran untuk mencari masalah matematika.

Lingkaran Pencarian di Samsung Z Fold 6 dapat digunakan untuk menyelesaikan soal matematika. Pengguna hanya perlu memperbaiki masalah kamera Galaxy Z Fold 6 lalu menekan tombol Home. Kemudian lingkari soal matematika yang ingin Anda selesaikan.

Circle to Search kemudian akan memberikan jawaban yang benar dan petunjuk cara menyelesaikannya. 6. Terjemahan langsung

Samsung menambahkan dukungan untuk fitur Terjemahan Langsung. Kini di Galaxy Z Fold 6, pengguna dapat mentransfer panggilan telepon secara real-time dan langsung di perangkat melalui aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp, Google Duo, dan Instagram.

Saat Live Translation pertama kali diperkenalkan pada seri Galaxy S24, ini hanya dapat digunakan saat melakukan panggilan melalui fitur bawaan ponsel dan tidak mendukung aplikasi pihak ketiga.

Verry mengatakan Live Translate mudah digunakan di aplikasi pihak ketiga. Misalnya di WhatsApp, pengguna hanya perlu menelepon seperti biasa. Kemudian di pojok kiri atas ada opsi Live Translation.

Saat ditekan, Galaxy AI secara otomatis mendeteksi bahasa yang digunakan setiap pengguna dan menerjemahkannya saat mengobrol. 7. Terjemahan hamparan PDF

Dengan fitur ini, Samsung Notes dapat membuat terjemahan, ringkasan, dan format otomatis untuk memudahkan pengguna menyimpan konten rapat.

Samsung Notes juga dilengkapi dengan fitur transkripsi terbaru yang membantu Anda menyalin, menerjemahkan, dan meringkas rekaman suara.

Inovasinya kini adalah Note Assist di Samsung Galaxy Z Fold 6 dapat menerjemahkan dokumen PDF secara langsung dengan benar menggunakan fitur overlay terjemahan PDF di Notes. Fitur ini mendukung teks dalam gambar dan grafik.

Berkat fitur ini, hasil terjemahan tidak lagi ditampilkan sebagai label yang ditempelkan pada teks berbahasa asing. Namun, teks PDF-lah yang diterjemahkan langsung ke bahasa yang dipilih. Daya tahan berkat engsel ganda baru

Selain bodi yang lebih ringan dan fitur AI yang lebih baik, Samsung juga meningkatkan ketahanan layar Samsung Galaxy Z Fold 6.

Salah satunya adalah penggunaan desain engsel rel ganda dan tepi lipat yang diperkuat. Menurut Samsung, berkat penyempurnaan ini, layar ponsel akan mampu meredam efek pengaruh luar dengan lebih baik.

Selain itu, lapisan layar Galaxy Z Fold 6 juga ditingkatkan untuk mengurangi kerutan sekaligus menjaga daya tahan layar.

Layar Galaxy Z Fold 6 juga dilengkapi dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass Victus 2, dan bingkainya menggunakan material Armor Aluminium 2.

Baca Juga: Samsung Umumkan Tiga Sensor Kamera Smartphone Isocell Baru dan Lensa Telefoto 200MP, Tersedia Update Android Generasi ke-7

Samsung kini menjamin Galaxy Z Fold 6 akan mendapat pembaruan sistem operasi Android generasi ke-7.

Saat diluncurkan, Galaxy Z Fold 6 menjalankan sistem operasi Android 14 dengan OneUI 6.1.1 terbaru dari Samsung. Artinya sistem operasi di ponsel ini bisa diupdate ke Android 21 pada tahun 2031 (catatan: jika sistem penamaan Android tetap sama dan konsisten).

Ini merupakan peningkatan yang signifikan dari komitmen Samsung sebelumnya, di mana perusahaan menjamin pembaruan OS Android hingga 4 generasi untuk Galaxy Z Fold 5.

Samsung Z Fold 6 juga dijamin mendapat pembaruan keamanan hingga 7 tahun. Sebagai perbandingan, Samsung menjamin pembaruan keamanan pada generasi sebelumnya hingga 5 tahun. Harga Samsung Galaxy Z Lipat 6

Menyusul peluncurannya di seluruh dunia, Samsung Indonesia langsung membuka sesi penerimaan atau pre-order Samsung Galaxy Z Fold 6 kepada konsumen di Indonesia mulai pukul 20:00 WIB pada hari Rabu, 10 Juli 2024 hingga pukul 23:59 WIB pada hari Selasa, 30 Juli 2024.

Harga Samsung Galaxy Z Fold 6 di Indonesia mulai dari Rp 26,5 jutaan. Segala informasi mengenai harga dan tipe Samsung Z Fold 6 bisa Anda lihat di artikel ini.

Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top