Apa yang Terjadi Jika Trigliserida Tinggi? Berikut Penjelasannya…

virprom.com – Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak (lipid) yang ada dalam darah. Lalu apa yang terjadi jika trigliserida tinggi?

Ternyata trigliserida tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun, namun dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan lain seperti stroke, penyakit jantung, dan serangan jantung.

Trigliserida tinggi bisa Anda atasi sendiri, yakni dengan mengubah kebiasaan dan pola makan, antara lain olahraga teratur, menurunkan berat badan, dan menghindari alkohol.

Untuk informasi lebih lanjut, cari tahu apa yang terjadi jika trigliserida tinggi dan cara menurunkannya.

Baca juga: Buah Apa yang Baik untuk Menurunkan Kolesterol? Ini 4 daftarnya… Apa yang terjadi jika trigliserida tinggi?

Kadar trigliserida dianggap tinggi jika berada di atas 200 miligram per desiliter (mg/dL).

Kadar trigliserida yang tinggi bisa sangat berbahaya bagi kesehatan jika tidak ditangani dengan cepat.

Menurut Mayo Clinic, trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan risiko pengerasan pembuluh darah, atau penebalan dinding arteri, sehingga meningkatkan risiko gangguan kesehatan lain seperti stroke, penyakit jantung, dan penyakit jantung.

Tak hanya itu, kadar trigliserida yang sangat tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya peradangan akut pada pankreas atau pankreatitis.

Kadar trigliserida yang tinggi dapat menjadi tanda dari banyak masalah kesehatan lainnya, seperti: obesitas, diabetes tipe 2 atau pradiabetes, hipotiroidisme, atau suatu kondisi di mana kadar hormon tiroid dalam tubuh rendah, sindrom metabolik, yaitu tekanan darah tinggi. , kadar gula tinggi dalam darah dan obesitas, terjadi bersamaan, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung. Kelainan genetik langka yang dapat mempengaruhi cara tubuh mengubah lemak menjadi energi. .

Namun trigliserida tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala sehingga perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Kadar trigliserida mungkin perlu diperiksa lebih sering seiring bertambahnya usia atau jika Anda memiliki riwayat kesehatan tertentu.

Baca Juga: 18 Penyebab Kolesterol Tinggi pada Wanita Termasuk Stres Cara Menurunkan Trigliserida Tinggi Dengan Cepat

Anda bisa menurunkan trigliserida tinggi dengan menjaga diri, misalnya dengan mengubah pola makan dan kebiasaan.

Klinik Cleveland melaporkan bahwa ada beberapa cara untuk menurunkan trigliserida tinggi dengan cepat, seperti: Aktivitas fisik seperti olahraga minimal 30 menit sehari Mengonsumsi makanan sehat yang mengurangi lemak dan gula jahat serta memperbanyak asupan serat Merawat dan mengobati darah tinggi tekanan darah dan diabetes Berhenti minum alkohol Tidur yang cukup atau setidaknya tujuh jam setiap malam Turunkan berat badan bila perlu dan pertahankan Kurangi stres seperti aktivitas relaksasi, yoga dan meditasi Berhenti merokok

Selain gaya hidup sehat, beberapa orang mungkin perlu mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk menurunkan kadar trigliserida tinggi, terutama bagi mereka yang berisiko terkena serangan jantung, stroke, atau masalah kesehatan serius lainnya.

Memahami apa yang terjadi ketika trigliserida tinggi adalah penting agar Anda dapat mengambil tindakan pencegahan dan pengobatan yang diperlukan.

Selain menggunakan cara-cara di atas, kami juga menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter jika Anda memiliki trigliserida tinggi agar bisa mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat.

Baca Juga: Kadar Kolesterol Normal Berdasarkan Usia Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk masuk ke saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top