Mengenal Bahan Aktif Retinart dalam Skincare, Sama dengan Retinol?

JAKARTA, Kompass.com – Meski kondisinya tidak sekompleks kulit orang dewasa, kulit remaja bisa mengalami berbagai masalah karena berbagai sebab seiring dengan perkembangan kulit.

Salah satu cara merawat kulit remaja agar tidak rusak adalah dengan mulai menggunakan produk perawatan kulit dengan bahan aktif.

Emina Clarissa A. Gunawan, senior team leader, menjelaskan bahan aktif seperti retinol memang sangat bermanfaat untuk kulit. Namun, mereka lebih cocok untuk orang dewasa.

“Retinol bekerja dengan baik pada kulit yang lebih matang, namun memiliki banyak efek samping. Misalnya saja kalau tidak pas bisa menyebabkan iritasi. “Kalau retinol murni, tidak akan tahan terkena sinar matahari,” ujarnya, Jumat (7 Desember 2024) di Jakarta.

Baca juga: 4 Cara Pakai Retinol Agar Tidak Iritasi. Pertama, pelajari perbedaan antara retinol dan retinoid.

Sebagai alternatif bagi remaja, ada juga krim kulit yang mengandung bahan aktif Retinart, seperti yang digunakan Emina pada produk seri Glorad+ terbarunya.

Ilmuwan perawatan kulit Emina Hira Listia Pinastica menjelaskan bahwa retinart, juga dikenal sebagai bio-retinol, merupakan mikroalga yang cara kerjanya mirip dengan retinol, yaitu mempercepat pergantian sel kulit, atau regenerasi kulit.

Jadi, menggunakan Retinart mencerahkan wajah dengan menyembunyikan pori-pori.

“Ada berbagai cara untuk memperbarui sel kulit. Singkatnya, Retinart tidak memilih rute yang memiliki efek samping yang mengganggu, kata Hira, Jumat.

Inilah sebabnya mengapa produk perawatan kulit yang mengandung Retinart cenderung tidak menyebabkan kemerahan atau sensitivitas pada wajah.

Fotosensitifitas adalah suatu kondisi dimana kulit sangat sensitif terhadap sinar matahari atau sinar ultraviolet sehingga menyebabkannya mudah terbakar.

Baca juga: Bolehkah Menggunakan Produk Perawatan Kulit Wajah di Area Lipatan? Pilih produk perawatan kulit untuk anak remaja Anda yang lembut namun efektif.

Kondisi ini bisa terjadi pada pengguna retinol. Itu sebabnya Diamond mengatakan tidak disarankan menggunakan retinol di pagi hari, apalagi jika kita berencana keluar rumah dan terpapar sinar ultraviolet matahari.

Dia berkata: “Retinart adalah turunan bioretinol dari ekstrak mikroalga. Ia tidak memiliki sifat fotosensitif. Oleh karena itu, bisa digunakan pagi dan sore hari. Pilih saluran favorit Anda untuk mengakses ponsel Anda. Saluran WhatsApp Kompas.Berita:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top