Songsong Indonesia Emas, Kemenkominfo Dukung Gerakan Indonesia Tertib 

virprom.com – Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditzen) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kmenkominfo) yang bertanggung jawab di bidang komunikasi publik pemerintah siap mendukung Gerakan Indonesia Tertib (GIT). 

Dukungan ini diberikan melalui jaringan yang ada untuk menciptakan budaya aksi yang mengakar dalam menyambut Indonesia maju.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) (Menko) Hadi Tjajanto berharap GIT bisa menjadi pionir dalam mengembangkan peran masyarakat yang terorganisir.

Kata Hadi Tjajanto saat peluncuran pertemuan Gerakan Indonesia Bersih “Mewujudkan Budaya Bersih Menuju Indonesia Emas” di Bali, Rabu (03/07/2024).

“Melalui platform (gerakan Indonesia Tertib) ini, kami berharap para peserta memperoleh keterampilan untuk menjadi pionir dalam membangun tatanan masyarakat yang tertib,” jelasnya dalam siaran pers yang dipublikasikan, Kamis (04/07/2024). .

Forum tersebut diselenggarakan sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpress) Nomor 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Revolusi Kerohanian Nasional (GNRM).

Baca Juga: Bonus Kependudukan 2030, Kemenkominfo Himbau Pengusaha Muda Papua

GIT merupakan gerakan program GNRM dalam rangka pelaksanaan prioritas nasional (PN) revolusi spiritual dan pengembangan kebudayaan, ujarnya dalam siaran pers.

Hadi menjelaskan, tujuan penerapan GIT kali ini adalah untuk mengubah perilaku masyarakat Indonesia agar lebih tertib dan mengikuti aturan yang berlaku.

“Pembangunan sumber daya manusia (SDM) merupakan urat nadi pembangunan suatu bangsa. “Pada tahun 2045, bonus demografi menanti negara kita yang disusul dengan Visi Indonesia Emas,” jelasnya.

Sementara itu, CEO Satgas GIT 2024 M Sujono mengatakan, konsultasi merupakan proses konsultatif yang mengutamakan suasana penuh solidaritas dan gotong royong.

“Konsultasi GIT dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan kesadaran akan budaya streamline dengan menciptakan agen perubahan GIT,” jelasnya.

Rembak mencerminkan nilai-nilai demokrasi dan partisipasi dalam menciptakan budaya ketertiban. 

Baca juga: Kominfo: Remaja Sehat, Bekal Penting Cegah Stunting

Sujono menjelaskan, GIT fokus pada tiga topik, yakni mendorong perilaku tertib pemanfaatan ruang publik, tertib lalu lintas, dan tertib pengelolaan kependudukan. 

“Program GIT bertujuan untuk mewujudkan nilai strategis instrumental dari revolusi psikologis, yaitu gotong royong,” ujarnya.  Dengarkan berita terkini dan lagu pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top