Mobil Bergetar Saat Awal Menyalakan Mesin, Ini Penyebabnya

GUNUNG KIDUL, virprom.com – Mesin pembakaran dalam (ICE) mulai bekerja menimbulkan getaran dari posisi diam akibat gaya sentrifugal putaran poros engkol.

Perubahan kondisi mekanisme motor dari keadaan diam ke putaran atau sebaliknya menimbulkan guncangan yang sangat besar. Oleh karena itu, mobil harus memiliki dudukan khusus agar getaran tidak menjalar hingga ke dalam kabin.

Ian, mekanik GK Auto Service Gunung Kidul mengatakan, untuk menjamin kenyamanan penumpang, getaran mesin selama pengoperasian harus dikurangi, termasuk jenis guncangan saat menghidupkan dan mematikan mesin.

Baca juga: Mazda Bakal Hadirkan CX-60 Bermesin Baru di GIIAS 2024

“Saat mesin dihidupkan pasti bergetar bahkan sebelum dimatikan, sehingga memerlukan komponen yang dapat meredam atau menahan guncangan tersebut, seperti dudukan motor atau penyangga,” kata Jan kepada Kompas, Senin (8/8 com /2024). ).

Ian menjelaskan, peran penyangga atau dudukan motor tidak hanya meredam getaran, namun juga menangkal pengaruh perubahan kecepatan suatu benda dari keadaan diam ke keadaan bergerak.

“Hukum ketiga Newton menyatakan bahwa setiap aksi menimbulkan reaksi. Apabila suatu benda memberikan gaya pada benda lain, maka benda yang menerima gaya tersebut akan memberikan gaya yang sama dengan benda pertama tetapi arahnya berlawanan sehingga menyebabkan mobil bergetar,” kata Ian.

Baca Juga: Ketahui Tanda-Tanda Masalah Pemasangan Mesin Mobil

Ian mengatakan, jika karet pada bemper pecah, dampaknya tidak terserap dengan baik sehingga dampaknya terasa hingga ke seluruh kabin.

“Salah satu penyebab rusaknya bumper karet atau dudukan mesin adalah usia. Karetnya membusuk dan pecah, apalagi tugasnya menahan benturan,” kata Ian.

Oleh karena itu, jika bodi kendaraan terasa getaran, terutama saat menghidupkan mesin atau sebelum berhenti, pemeriksaan dapat merujuk pada bemper atau dudukan mesin depan/belakang jika mesin melintang. Dengarkan berita terkini dan tips kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita pilihan Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top