Carlos Alcarz Juara Wimbledon 2024, Djokovic Gagal Samai Rekor Federer

virprom.com – Petenis Spanyol Carlos Alcaraz mengalahkan Novak Djokovic pada final Wimbledon 2024 di All England Tennis Club, Minggu (14/7/2024). 

Carlos Alcaraz mengalahkan juara Wimbledon tujuh kali Novak Djokovic 6-2, 6-2, 7-6 (4). 

Juara Wimbledon 2024 lainnya adalah Barbora Krejcikova (tunggal putri), Harry Haliovara/Henry Patten (ganda putra), Katerina Siniakova/Taylor Townsend (ganda putri), dan Ludmila Kitchenok/Matt Pavic (ganda campuran).

Sementara wakil Indonesia Aldila Sutjiadi yang berpasangan dengan Asia Muhammed (AS), tersingkir di babak 16 besar. 

Baca Juga: Carlos Alcaraz menjuarai Wimbledon 2023: Tumbangkan Raja Djokovic, rekor voli

Ini merupakan kemenangan kedua berturut-turut di Wimbledon bagi Alcaraz. Alcaraz juga mengalahkan Djokovic di Wimbledon 2023. 

Alcaraz kini telah memenangkan empat gelar besar. Selain dua kali juara Wimbledon, ia juga merupakan juara AS Terbuka (2022) dan Prancis Terbuka (2024). 

Alcaraz kini menyamai legenda tenis Roger Federer sebagai satu-satunya pemain pria yang memenangkan empat gelar Grand Slam pertamanya. 

Menurut laporan BBC, Alcaraz menjadi pemain termuda ketiga yang memenangkan gelar Wimbledon berturut-turut setelah Boris Becker (18 tahun 227 hari) dan Bjorn Borg (21 tahun 26 hari). 

Baca Juga: Petenis Indonesia Aldila Sutjiadi Juara Thailand Open 2024

Keberhasilan tersebut menjadikan Alcaraz menjadi petenis putra kesembilan yang mempertahankan gelar Wimbledon di era Open. 

Pemain terakhir yang mampu melakukannya adalah Novak Djokovic yang menjadi juara pada 2021 dan mempertahankan gelar setahun kemudian. 

Sementara itu, kekalahan Alcaraz membuat Djokovic gagal menyamai rekor Roger Federer sebagai pemain tunggal putra tersukses dengan 8 gelar Wimbledon. 

Meski demikian, Djokovic mengaku tetap bangga dengan kesempatan berlaga di final Wimbledon. 

“Ya, tentu saja saya sangat bangga. Tentu saja ini sedikit mengecewakan, tapi jika saya memikirkan empat atau lima minggu terakhir dan apa yang telah saya lalui, saya harus mengatakan saya sangat bahagia.” Djokovic seperti dikutip BBC. 

“Karena Wimbledon selalu menjadi impian masa kecil saya dan untuk datang ke sini, saya berusaha mengingatnya. Setiap menginjak lapangan ini, rasanya baru pertama kali,” ujarnya.  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top