KPK Panggil Staf Hasto PDI-P sebagai Saksi Kasus Harun Masiku

JAKARTA, virprom.com – Penyidik ​​Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil pegawai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto, Kusnadi, untuk diperiksa sebagai saksi atas dugaan penggalangan dana yang dilakukan mantan Calon Anggota Parlemen PDI Harun Masiku, Kamis (13/6/2024).

Pemeriksaan dilakukan di Gedung Merah Putih KPK, kata Juru Bicara KPK, Budi Prasetyo, kepada wartawan, Kamis.

Bundy tidak membeberkan informasi apa saja yang akan didalami tim penyidik ​​terhadap Kusnadi.

Ia hanya mengatakan, Kusnadi diminta melaporkan dugaan pembayaran anggota pengganti sementara (PAW) DPR RI periode 2019-2024 terkait Harun.

Baca juga: KPK Ingkar Janji Tangkap Harun Masiku dalam Sepekan

Bundy juga mengatakan Kusnadi baru hadir di persidangan pada Kamis malam.

“Sampai siang ini belum ada saksi yang hadir,” ujarnya.

Kusnadi merupakan pegawai Hasto yang direkrut penyidik ​​KPK saat diperiksa sebagai saksi kasus suap Harun Masiku, Senin (10/6/2024) lalu.

“Di tengah (persidangan) staf saya dipanggil, namanya Kusnadi, katanya ingin bertemu saya, tapi kemudian dia menyita dompet dan teleponnya atas nama saya,” kata Hasto.

Komisi Pemberantasan Korupsi menyebut ponsel Hasto disita untuk menelusuri keberadaan Haroon yang hilang selama lebih dari empat tahun.

Baca Juga: Jeritan Inspektur KPC, Pekerja Hasto: Itu Saja, Diam!

Harun Masiku merupakan salah satu tersangka kasus suap terhadap mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum Wahyu Setiawan. 

Harun disebut-sebut menunjuk Wahyu untuk memuluskan jalannya menjadi anggota DPR melalui sistem pergantian sementara.

KPK telah menetapkan empat tersangka dalam kasus ini. Selain Wahyu dan Harun, ada juga pendukung PDI-P Saeful Bahri dan mantan anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina.

Wahyu, Saeful, dan Agustiani divonis bersalah dan dinyatakan bersalah. Saat itu, Harun masih buron setelah lolos dari operasi penikaman pada Januari 2020. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk berlangganan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top