Jangan Tertipu Bengkel Nakal, Modus Modifikasi Terjadi pada Skutik

JAKARTA, virprom.com – Penipuan dengan cara mencungkil harga kerap dilakukan oleh sejumlah pengecer yang tidak bertanggung jawab. Perilaku tersebut dapat membahayakan bagi pengguna sepeda motor, terutama yang belum mengetahui banyak tentang seluk beluk otomotif.

Contoh cara yang sering dikaitkan dengan modifikasi CVT, sering terjadi pada anak muda yang ingin berganti sepeda motor matic alias skutik.

Dalam beberapa kasus, biaya upgrade CVT termasuk perlengkapan aftermarket dan jasa pemasangan akan mahal, bahkan di atas Rp 2 juta. Namun, perkiraan biayanya tidak boleh terlalu tinggi.

Baca juga: Santunan kepada korban akan berkurang saat Idul Fitri 2024

Sekadar mengingatkan, beberapa mekanik senior dan dealer sepeda motor mewanti-wanti pengguna pengguna sepeda motor matic, terutama pemula, agar tidak khawatir dengan harga.

Ujay, pemilik jajaran dan toko Central Motor Sport menjelaskan, perkiraan biaya upgrade CVT harusnya masuk akal. Formulir lengkapnya dibanderol mulai dari Rp 710.000 saja.

Ganti CVT tidak mahal, harga dua kamar Rp 70.000, dua kamar kanvas Rp 200.000, mangkok Rp 210.000, satu set anak Rp 140.000, model bekas v bekas. biasanya tinggal tambah Rp 100.000 saja,” ujarnya kepada virprom.com di Jakarta Timur saat menjelaskan harganya, Kamis (25/4/2024).

Baca juga: Debut Dunia Chery Tiggo 9 PHEV di Beijing Auto Show 2024

Ujay menjelaskan, meski dibanderol murah, upgrade CVT menggunakan suku cadang aftermarket dijamin bisa mendongkrak performa sepeda motor.

Peralatan yang diupgrade dengan harga yang lebih mahal memang benar adanya, namun pengguna harus mengetahui kualitas dan jenis peralatan tersebut.

Kalau produknya UMA, KTC, TDR, harganya (untuk modifikasi) berkisar Rp 1 juta sampai Rp 1,8 juta. Kalau Daytona atau Kawahara harganya lebih murah Rp 1 juta. pasti akan diambil, manfaatnya terlalu besar,” ujarnya.

Mengantisipasi risiko tersebut, Ujay menyarankan pengguna untuk meneliti dan melakukan riset pada toko bekas terlebih dahulu sebelum melakukan upgrade. Setidaknya informasi mengenai produk dan harga bisa diketahui sejak awal.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih berita yang Anda suka untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top