Survei Litbang Kompas: Citra Positif Polri Naik, 73,1 Persen Responden Beri Nilai Positif

Jakarta, virprom.com – Hasil Survei Litbang Kompas Juni 2024 menunjukkan gambaran positif bagi Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) yang meningkat sebesar 1,5 persen.

Hal ini bisa dibandingkan dengan hasil survei Litbang Kompas pada Desember 2023.

Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas yang dimuat Kompas.id, Senin (1/7/2024), survei melalui telepon pada periode 18-20 Juni 2024 menunjukkan 73,1 persen responden menilai Polri positif.

Sebagai perbandingan, pada jajak pendapat Desember 2023, skor jajak pendapat mengenai citra positif Polri sebesar 71,6 persen.

Baca juga: Mengenang Viangkkara Jokowi Minta Polri Selalu Melayani Masyarakat Dengan Sepenuh Hati

Meski mengalami sedikit peningkatan, namun survei ini menegaskan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Korps Bhayankara semakin menguat.

Selain itu, survei Litbang Kompas juga mencatat evaluasi peserta terhadap beberapa fungsi utama Polri.

Terkait kerja bakti yang meliputi pengurusan Surat Izin Mengemudi, SKK, pelaporan tindak pidana dan lain-lain, sebanyak 68,5 persen peserta menyatakan baik.

Sedangkan 16,4 persen peserta menyatakan pelayanan Polri untuk kategori tugas tersebut sangat baik, 9,9 persen peserta menyatakan buruk, dan 3 persen menyatakan sangat buruk.

Sedangkan untuk tugas memberikan perlindungan masyarakat, 61,3 persen menyatakan baik, dan 17,8 persen menyatakan sangat baik.

Baca Juga: 30 Ucapan Ulang Tahun Bhayangkara ke-78 Tahun 2024 & Tautan Tween

Kemudian ada 17% peserta yang menilai buruk dan 1,6% peserta yang menyatakan polisi sangat buruk dalam melindungi masyarakat.

Terkait penegakan hukum, 48,2% peserta menilai kinerja Polri baik, dan 15% menyatakan sangat baik.

Sedangkan 30,2 persen peserta menilai kinerja penegakan hukum Polri buruk, dan 4,2 persen peserta menilai sangat buruk.

Oleh karena itu, terkait tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, sebanyak 61,8 persen sampel menyatakan kinerja Polri baik, dan 15,9 persen sampel menyatakan sangat baik.

Namun, 13,6% menilai kinerjanya buruk, dan 6,5% peserta menilai kinerja Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat sangat buruk.

Baca juga: Netralitas dan Profesionalisme Polri, Pilar Kepercayaan Masyarakat

Survei Litbang Kompas dilakukan terhadap 534 peserta dari 38 provinsi dan berhasil diwawancarai.

Sampel survei dipilih secara acak dari tanggapan terhadap panel penelitian dan pengembangan Compass berdasarkan populasi masing-masing daerah.

Dengan menggunakan metode survei telepon dengan tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error penelitian dalam kondisi pengambilan sampel normal adalah plus minus 4,22 persen.

Survei Litbang Kompas sepenuhnya didanai oleh Harian Kompas. Dengarkan berita terhangat dan berita pemilu langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top