Pasukan Israel Sebar Ribuan Selebaran di Gaza, Desak Warga Mengungsi

GAZA, virprom.com – Pasukan Israel menyebarkan ribuan selebaran di Kota Gaza yang menyerukan warga untuk mengungsi. Tujuannya untuk melindungi warga dari serangan Israel.

Berdasarkan selebaran tersebut, Israel menentukan rute pelariannya. Menurut badan kemanusiaan PBB OCHA, 350.000 orang tinggal di kota tersebut.

Peringatan ini muncul di tengah pertempuran terburuk Israel dengan Hamas dan Jihad Islam, dimana tentara Israel didukung oleh tank dan pesawat.

Baca Juga: Studi Lancet: Perkiraan Korban Meninggal di Gaza Melebihi 186.000

Artinya, pertempuran yang terjadi di kota itu selama beberapa bulan terakhir sebagai bagian dari perang yang berkecamuk sejak 7 Oktober 2023.

Penarikan diri PBB baru-baru ini hanya akan menambah penderitaan kolektif keluarga-keluarga Palestina, yang banyak di antaranya telah berulang kali menjadi pengungsi.

“Warga sipil harus dilindungi,” kata juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres Stephane Dujarric seperti dikutip AFP, Kamis (7 November 2024).

Juru bicara pemerintah Israel mengatakan tujuan militer Israel adalah melindungi warga sipil dari bahaya saat melawan Hamas di mana pun mereka berada.

Umm Nimr al-Jamal, seorang wanita yang membawa beberapa barang dari reruntuhan, mengatakan kepada AFP pada hari Selasa bahwa keluarganya harus mengungsi untuk ke-12 kalinya.

“Berapa kali kita bisa menanggung ini? Seribu kali? Di mana kita akan berakhir?” Dia bertanya.

Pertempuran, pemboman, dan pengungsian meningkat seiring berlanjutnya pembicaraan di bulan ke-10 mengenai perjanjian gencatan senjata dan pembebasan sandera di Qatar.

Pejabat Hamas Hossam Badran, ketika ditanya tentang peningkatan operasi militer, mengatakan Israel berharap perlawanan akan mengabaikan tuntutan sahnya selama perundingan gencatan senjata.

Baca juga: Bayi Ajaib Mississippi yang Hilang Ditemukan Setelah 2 Hari Merangkak di Jalan

“Tetapi pembantaian yang terus berlanjut memaksa kami untuk memenuhi tuntutan kami,” katanya.

Terjadi juga pertempuran sengit di Rafah di Jalur Gaza selatan, di mana para saksi mengatakan kepada AFP bahwa tank-tank Israel melaju melalui pusat kota dan melepaskan tembakan keras ke bangunan-bangunan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top