Jawaban PSSI soal Logo Garuda Didaftarkan Pribadi oleh Pemilik Erspo

virprom.com – Anggota Exco PSSI, Arya Sinulinga buka suara terkait kontroversi logo Garuda yang didaftarkan sendiri oleh pemilik Erspo, Muhammad Saadad.

Erspo merupakan produk lokal yang saat ini bekerjasama dengan PSSI untuk perlengkapan termasuk jersey pemain merah putih untuk timnas Indonesia.

Namun kontroversi muncul ketika logo Garuda yang biasa terdapat pada kaos terbaru timnas Indonesia didaftarkan oleh Muhammad Saadad sendiri sebagai pemilik Erspo.

Sedangkan logo Garuda pada jersey timnas Indonesia yang dibuat oleh pabrikan sebelumnya yakni Mills telah didaftarkan atas nama PSSI.

Berdasarkan penelusuran Mebiso, platform yang bergerak di bidang brand Discovery dan Corporate Security, logo Garuda pada jersey terbaru timnas Indonesia bukan atas nama PSSI, melainkan atas nama Muhammad Saadad.

Baca juga: PSSI dan Erspo Bahas Inovasi Jersey Timnas Indonesia, Ide Persatuan Sepakbola, Dedikasi pada Tragedi Kanjuruhan

Sekadar informasi, pencantuman logo Garuda di jersey timnas Indonesia sebenarnya atas instruksi mantan Presiden RI Soekarno.

Berdasarkan UU Merek Nomor 20 Tahun 2016, Pasal 21 ayat (2) huruf (b), lambang negara dapat digunakan pada merek, kata Hesti Rosa, CEO Mebiso.

“Beserta catatannya, ini sudah kami terima secara tertulis dari pihak berwajib,” kata Hasty Rosa seperti dikutip situs resmi Mbiso. Tanggapan PSSI

Diakui Arya Sinulina, Erspo bersama Muhammad Saadad sebenarnya sudah mendaftarkan logo Garuda atas nama Erspo dan PSSI.

Ia mencontohkan, PSSI sebenarnya juga sudah mencoba mengadopsi lambang Garuda pada jersey Timnas Indonesia sebelumnya yang dibuat oleh Mills.

Baca juga: PSSI Ungkap 3 Alasan Memilih Erspo Menangkan Tawaran Seragam Timnas Indonesia

Jadi Erspo pertama kali mendaftarkannya atas nama Saadad dan PSSI, itu proses karena mereka berinisiatif mendirikan logo tersebut, kata Arya dalam keterangan yang diperoleh virprom.com.

“Terus bulan keempat kami minta hak itu, jadi tidak ada masalah. Faktanya, manajemen PSSI saat ini mengambil alih segalanya.

“Seperti lambang Garuda di jersey lama, mereka juga punya. Tapi kami ambil alih dari PSSI,” ujarnya.

Arya pun meminta penonton tetap tenang karena PSSI sebenarnya sedang berupaya mengambil seluruh hak terkait logo Garuda.

Baca juga: Erspo Siap Luncurkan Desain Baru Jersey Timnas Indonesia, Mission for Garuda

Jadi semuanya berjalan lambat, jangan heran kalau atas nama pribadi, karena awalnya didaftarkan tim Saadd untuk Saadd dan PSSI, ujarnya.

“Sekarang kita tanya lagi pada diri kita sendiri, ini hanya proses saja. Tidak perlu membuat keributan dan heboh,” ujarnya.

“Tadi (pabrik) sebenarnya lama sekali dan baru sekarang kita proses dan ambil dari jersey belakang,” ujarnya.

Sementara itu, virprom.com telah berupaya mencari informasi dari pemilik Erspo, Muhammad Saadad.

Namun hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari Muhammad Sadad.

  Dengarkan pilihan berita dan headline terkini kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top