Dewas Keluhkan Pimpinan KPK Kerap Komentari Perkara Etik, Sebut Tak Elok

JAKARTA, virprom.com – Ketua Komite Kesehatan (Dewas) Badan Reserse Kriminal (KPK) Tumpak Pangaben mengungkapkan keprihatinannya atas perilaku pimpinan KPK yang kerap mengomentari penyidikan dugaan tindak pidana yang dilakukan KPK. para dewa. .

Menurutnya, perkataan tersebut dapat mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap Dewas KPK.

Tumpak menyebut kepemimpinan KPK kurang baik.

Hal itu disampaikan Tumpak dalam rapat kerja Komisi III DPR dan Komite Tindak Pidana, Rabu (5/6/2024) di Gedung DPR, Sanyan, Jakarta.

Baca Juga: Di DPR, Cerita Dewas Dilaporkan ke Polisi oleh Pimpinan KPK

“Para manajer juga sering melontarkan pernyataan-pernyataan di media yang seringkali menimbulkan persepsi buruk terhadap organisasi. Kita hanya bisa melihat bahwa pernyataan-pernyataan tersebut juga merupakan hal yang menurut kami kurang baik,” kata Tumpak.

Tumpak mengatakan, pimpinan KPK kerap mengomentari peristiwa yang berdampak pada pimpinan lainnya.

Baca Juga: Dewas Sebut KPK Paling Buruk Saat Ini, Alex: Sudah Lama Tidak Seperti Ini

Saat seorang pimpinan KPK diperiksa Dewas karena diduga melanggar kode etik pemilu, pimpinan KPK lainnya memberikan pernyataan negatif.

“Dewas sedang memeriksa pimpinan KPK, tiba-tiba pimpinan KPK yang lain berkata, ‘Saya kira tidak ada tindak pidana’. Ini tidak benar,” ujarnya.

“Ibarat penyidik ​​kita mengusut suatu perkara pidana korupsi, lalu kita para Devas bilang, ‘Tidak ada bukti’, di depan umum, itu sebenarnya tidak ada,” imbuh Tumpak.

Baca Juga: Ketua Komisi III DPR Sebut KUHP Bisa Direvisi Karena Banyak Pengaduan

Oleh karena itu, kata Tumpak, pimpinan KPK lainnya tidak boleh mengomentari kejadian apa pun di hadapan Dewas.

Dia menyebut sikap pimpinan KPK menghambat fungsi Dewas KPK.

“Kita sedang selidiki, tapi ada pula yang berkomentar, ‘Menurut saya, saya yakin tidak ada kejahatan’, komentar-komentar itu seringkali negatif dan negatif, menurut saya tidak pantas dan mengganggu,” imbuhnya Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih berita yang ingin Anda akses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top