Liburan ke Luar Kota Pakai Bus AKAP, Ini Batas Maksimal Barang Bawaan

JAKARTA, virprom.com – Sehubungan dengan libur panjang menyambut libur Idul Adha, serta liburan sekolah, bisa jadi ada peluang untuk berwisata ke luar kota.

Bagi yang ingin menggunakan jasa bus AKAP, saat ini terdapat berbagai perusahaan bus (PO) yang menawarkan berbagai fasilitas dari berbagai kelas dengan harga bersaing. Itu sebabnya kini semakin banyak pendukung perjalanan dengan bus AKAP. 

Baca juga: Ingat Jakarta Batal Hari Ini

Sebelum anda memutuskan untuk berlibur dengan bus AKAP, ada baiknya anda memperhatikan barang bawaan yang ingin anda bawa. Sebab setiap PO mempunyai aturan berbeda mengenai kapasitas bagasi penumpang. 

Anthony Steven Hambali, pemilik PO Sumber Alam, mengatakan ada aturan bagi penumpang yang menaiki bus miliknya mengenai batasan barang yang boleh dibawa dalam bagasi.

“Sekitar 20 Kg, kalau dimensinya sekitar dua karton air mineral atau mie instan,” kata Anthony kepada virprom.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mitos atau Kenyataan, Mematikan Mesin Namun AC Menyala Akan Cepat Menyebabkan Kerusakan

Bagi penumpang yang membawa bagasi melebihi batas tersebut, barang akan dianggap sebagai parsel. Oleh karena itu, tarif dikenakan berdasarkan berat barang.

“Kalau banyak (lebih dari itu), biasanya bagasinya kita kenakan satu paket. Cuma Rp 2.000 per kilogram ekstra,” kata Anthony.

Sedangkan di PO Sinar Jaya terdapat batasan berat yang berbeda, yakni satu orang dapat mengangkut barang maksimal 10 kg.

“Kalau di dalam paket lebih banyak, bayar lebih. Tergantung berapa beratnya, pertimbangkan dulu,” kata agen itu.

Artinya, setiap penumpang yang membawa barang yang berat atau ukurannya melebihi Jatah Bagasi PO harus dikenakan biaya tambahan untuk barang tersebut agar dapat masuk Jatah Bagasi.  Dengarkan berita dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp Compass.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top