Sulitnya Ikut Shell Eco-Marathon, Tidak Semua Mobil Lulus Uji Inspeksi

JAKARTA, virprom.com – Peserta Shell Eco-Marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2024 yang diikuti banyak peneliti dari berbagai negara harus menghadapi berbagai tantangan.

Salah satunya, kendaraan harus melewati seluruh 13 tes teknis sebelum memasuki stadion. Artinya, dari 80 peserta tahun ini, tidak semuanya berhak mengikuti lomba.

Universitas Indonesia (UI) mengatakan, “Tentu permasalahan kita yang pertama kali ada di pikiran kita karena bagaimanapun kita masuk kompetisi, pikiranlah yang berbicara. Selain itu, kita juga membagi waktu antara UKM dan kegiatan akademik.” Direktur Arjuna Group Zahran Mizuya, Selasa (11/6/2024).

Baca juga: MGPA Sudah Punya Saklar Pengapian untuk Mobil Listrik

“Maka tidak perlu melalui 13 pos pemeriksaan sebelum acara. Pos pemeriksaan ini dilakukan sebelum pertandingan agar seluruh peserta tidak turun,” lanjutnya.

Tersedia dari Departemen Chassis Grup Bumi Siliwangi 2 Universitas Indonesia (UPI) Bandung, Tendi Febrian, juga mengatakan. Oleh karena itu, sebelum melakukan audit, tim harus memperhatikan berbagai faktor.

Jika Anda tidak berhati-hati, meskipun Anda merencanakannya dengan baik, hasilnya bisa berbeda saat Anda melakukan pemeriksaan teknis. ??

“Biasanya kami ngobrol dengan tim Indonesia dan berbagi informasi untuk disampaikan bersama. Namun semua tim punya strategi dan interpretasi yang berbeda-beda,” ujarnya.

Terkait tantangan lain yang dihadapi tim Bumi Siliwangi 2, lanjut Tendi, para pembalap yang terpilih harus melakukan diet untuk mencapai hasil yang diinginkan. Selain itu, ruang mobil juga terbatas.

Baca Juga: Kompetisi Hemat Energi Digelar 2-6 Juli 2024

Diketahui, pada Shell Eco-Marathon tahun ini, dari total 80 peserta, tim asal Indonesia mendominasi setengahnya atau 40.

Pertandingan kembali digelar di Mandalika International Tour, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sendiri dengan tujuan memberikan kesempatan kepada tim pelajar untuk berkompetisi pada kategori mobil Urban Concept dan Prototype.

Sumber energi yang digunakan dibagi menjadi tiga kategori; yaitu mesin pembakaran dalam (bensin, solar atau etanol), baterai listrik dan sel hidrogen. Dengarkan berita terbaru dan pilih berita di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top