WhatsApp Rilis Fitur Baru untuk Grup WA, Bisa Cek Dulu saat Diundang Kontak Tak Dikenal

virprom.com – Perusahaan pesan instan WhatsApp (WA) merilis sistem keamanan baru untuk meningkatkan keamanan bagi penggunanya.

Melalui fitur ini, pengguna dapat mulai memeriksa detail jika ada nomor tak dikenal yang menambahkannya ke grup WA baru.

WhatsApp telah mengumumkan fitur baru ini di saluran resminya.

Untuk melihat informasi detail tentang suatu grup, pengguna harus bergabung ke grup terlebih dahulu.

Baca juga: Elon Musk Putar WhatsApp, Sebut WA Sebagai Alat Mata-mata

Setelah Anda masuk, bagian obrolan akan berisi detail tentang gambar profil grup, siapa yang menambahkan Anda, siapa yang membuat grup, deskripsi grup, kapan grup dibuat, label “Fitur keamanan” dan “keluar dari grup” jika Anda tidak merasa tidak nyaman bergabung dengan grup.

Tampilan informasinya seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Oleh karena itu, setelah melihat informasi tersebut, pengguna bisa mempertimbangkan dan memutuskan apakah ingin tetap berada di grup WA atau keluar, seperti dihimpun informasi resmi WhatsApp yang diperoleh KompasTekno, Rabu (7/10/2024).

Harap diperhatikan bahwa informasi detail tentang grup hanya akan muncul jika Anda diundang oleh kontak eksternal yang belum Anda simpan di ponsel Anda. Jika kontak disimpan, informasinya tidak akan muncul.

Fitur ini sangat berguna bagi pengguna agar waspada dan cerdas. Apalagi jika ada orang atau grup baru yang ditambahkan ke grup tersebut yang tidak perlu menyimpan kontak.

Fitur ini menambah keamanan pada grup WA yang sudah ada, termasuk “Privasi Grup” di mana pengguna dapat mengatur siapa saja yang boleh menambahkannya ke grup WA. Langkah-langkah pengaturannya adalah sebagai berikut: Cara mengatur privasi grup WA Buka menu Pengaturan. Klik Privasi > Grup. Pilih salah satu dari 3 opsi (semua, nomor saya, atau nomor saya…).

Opsi “semua orang” memungkinkan siapa saja, termasuk kontak yang tidak Anda simpan di alamat telepon Anda, untuk menambahkan Anda ke grup tanpa izin Anda.

Memilih “kontak saya” hanya akan mengizinkan alamat yang disimpan di alamat telepon atau nomor yang Anda simpan, yang dapat menambahkan Anda ke grup tanpa persetujuan Anda.

Jika administrator grup yang tidak tersimpan di buku alamat ponsel Anda mencoba menambahkan Anda ke grup, mereka akan mendapatkan popup yang menyatakan bahwa mereka tidak dapat menambahkan Anda.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Membuat Open Text WhatsApp, Bikin Chatmu Menarik

Mereka akan diminta untuk mengetuk “Undangan Grup” atau klik “Berikutnya” dan tombol kirim untuk mengirim undangan pribadi melalui percakapan pribadi. Anda memiliki waktu tiga hari untuk menerima sebelum undangan berakhir.

Opsi “Kontak khusus saya…” akan memungkinkan kontak di buku alamat ponsel Anda, selain yang telah Anda hapus, untuk dapat menambahkan Anda ke grup tanpa izin Anda.

Setelah memilih “Kecualikan kontak…”, Anda dapat mencari atau memilih kontak yang akan dikecualikan.

Jika admin grup yang dihapus mencoba menambahkan Anda ke grup, mereka akan mendapatkan popup yang mengatakan bahwa mereka tidak dapat menambahkan Anda dan kemudian diundang melalui tautan undangan seperti opsi sebelumnya.

Sama seperti opsi sebelumnya, Anda hanya memiliki waktu tiga hari untuk menerima sebelum masa berlaku undangan berakhir.

  Dengarkan berita dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top