Saat Memanaskan Mesin Mobil Disarankan Tidak Terlalu Lama

SOLO, virprom.com – Pengguna mobil diimbau tidak melakukan pemanasan mesin terlalu lama karena dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar dan emisi.

Muchlis, pemilik Garasi Auto Service, bengkel spesialis Toyota Mitsubishi, mengatakan pemanasan mesin mobil lebih lama sebenarnya tidak menimbulkan dampak buruk.

Baca Juga: Ekspansi Bisnis Perusahaan keuangan ini masuk ke dunia bisnis

“Secara teknis tidak ada, hanya saja bahan bakarnya terbuang,” kata Muchlis kepada virprom.com, Rabu (26/6/2024).

Selain itu, Muchlis juga mengatakan, pemanasan mesin dalam waktu lama tidak akan menaikkan suhu mobil karena jika suhu tinggi maka motor kipas akan hidup.

Namun jika mencapai suhu tinggi dan overheat, bisa diprediksi motor kipas tidak akan menyala.

Sementara itu, Ivan, Pemilik Ivan Motor Honda Auto Clinic, menuturkan senada, mesin tidak butuh waktu lama untuk pemanasan, begitu suhu ideal, mobil nyaman dan siap melaju.

“Begitu berhenti, mobil siap berangkat. “Jangan terlalu lama memanaskan mobil karena hanya akan membuang bahan bakar dan menimbulkan polusi, lakukan saja selama 3-5 menit,” kata Ivan.

Baca Juga: Cara Korlantas Polri Tingkatkan Keselamatan dan Kelancaran Lalu Lintas

Namun, pada mobil yang lebih tua, mesin membutuhkan waktu lebih lama untuk memanas karena lebih banyak keausan pada bagian-bagiannya.

Pemanasannya dilakukan lebih lama untuk memastikan pelumas dan sistem pendingin benar-benar bersirkulasi dan berfungsi maksimal, kata Evan.

Evan menjelaskan, hal ini perlu dilakukan untuk mencegah kerusakan parah pada mobil akibat langsung mengoperasikan mobil di bawah beban berat. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top