3 Penyebab Area Lipatan Lebih Gelap, Infeksi Jamur Salah Satunya

JAKARTA, virprom.com – Memiliki warna kulit di area lipatan merupakan dambaan sebagian orang. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa kulit di area lipatan cenderung lebih mudah melihat flek hitam.

Dokter Kulit Dr. Listya Paramita Sp.DVE, FINSDV menunjukkan bahwa orang Indonesia yang berkulit coklat cenderung memiliki kulit lebih gelap di area lipatan seperti selangkangan dan ketiak.

“Kegelapan di area selangkangan bisa jadi hal yang normal, karena mayoritas orang dengan kulit etnis seperti kita, yaitu hijau dan merah, berkulit gelap,” kata dr. Listya bercerita kepada virprom.com saat ditemui di Dermlive dari La Roche Posay di Chillax Sudirman, beberapa waktu lalu.

Namun demikian, Dr. Listya pun mengungkapkan, masih banyak penyebab lain yang bisa menyertai penggelapan kulit di area lipatan. Baca selengkapnya. Penyebab lipatan kulit menjadi gelap

Baca juga: Jangan Hanya Perawatan Laser untuk Hiperpigmentasi Kulit, Kenapa? Gatal akibat celana yang terlalu ketat

Jika ingin memakai celana ketat, maka sebaiknya berhati-hati. Sebab terlalu banyak gesekan antara bahan dengan kulit dapat membuat permukaan kulit menjadi gelap. 

“Sebenarnya penyebab kulit menjadi lebih gelap seiring berjalannya waktu mungkin karena gesekan atau celana ketat, misalnya,” kata dr. Daftar.

Selain itu, Dr. Listya juga mengatakan, penggunaan celana dalam yang terlalu tebal menyebabkan gesekan kulit di area paha.

“Mungkin juga celana dalam yang kita pakai tebal, yang biasanya berarti risiko kotornya besar,” kata dr. Daftar. 

Baca juga: Apakah Hiperpigmentasi pada Kulit Bisa Dihilangkan? Faktor kehamilan

Selain itu, kehamilan juga bisa menyebabkan munculnya flek hitam. Dr. Listya mengatakan, hal ini biasanya disebabkan oleh perubahan hormonal saat hamil.

“Karena ada gesekan dan sebagainya.” Yang parahnya lagi kalau hamil, nanti gelap”,

Ia menjelaskan, perubahan hormonal menyebabkan produksi pigmen sehingga area ibu hamil menjadi lebih gelap. Namun penyakit ini tergolong kronis dan dapat kembali ke warna aslinya setelah melahirkan. 

“Perubahan hormonal menyebabkan pigmen meningkat, misalnya di leher, di bawah ketiak, di bawah payudara, itu normal karena ada perubahan hormonal,” imbuhnya.

Baca juga: Hindari 5 Hal Penyebab Hiperpigmentasi pada Kulit

Hati-hati, kondisi flek hitam atau kehitaman juga bisa menjadi tanda adanya infeksi jamur pada kulit Anda.

Menurut Dr. Listya, infeksi jamur pada daerah lipatan seringkali menimbulkan rasa gatal. Jika Anda lebih sering membekukan, warna hitamnya bisa bertambah.

Untuk itu saya sarankan obati dulu infeksi jamur di area lipatan, baru fokus mencerahkan area hitam. 

“Kalau ada infeksi jamur biasanya ada sensasi gatal yang diawali dari situ. Tapi kalau hanya gelap karena digaruk, tidak ada rasa gatal,” kata dr Listia. Simak berita terkini dan pilihan kami. berita langsung ke ponsel Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top