PAN Akan Tawarkan Zita Anjani untuk Maju Pilkada Jakarta ke Parpol di Luar Poros Anies

JAKARTA, virprom.com – Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Jenderal Yandri Susanto mengungkapkan kader PAN yang diprioritaskan maju di Pilkada Jakarta 2024 mengerucut pada Zita Anjani, putri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Yandri mengatakan, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta itu akan ditawarkan kepada beberapa parpol di luar poros Anies Baswedan untuk memimpin Pilkada Jakarta 2024.

“Khusus DKJ (Daerah Khusus Jakarta), kami secara internal mengerucutkan satu nama, yaitu Zita Anjani. Jadi ini yang kami komunikasikan dengan pihak-pihak yang menurut kami bisa dianggap PAN untuk mendukung mitra di luar poros Anies. ”, kata Yandri di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Kamis (27/6/2024).

Ketua Desk Pilkada PAN ini mengatakan, PAN tetap berkomitmen dalam menentukan calon Jenderal dan Wakil Jenderal DKI.

Baca Juga: PAN Tawarkan Zita Anjani Jadi Wagub Kaesang, Akui Sadar

“Tapi kami tegaskan (untuk saat ini) hanya ada satu nama di dalam, yaitu Zita Anjani, yang bisa kami dorong atau usulkan kepada koalisi yang akan kami bangun untuk maju di DKJ,” kata Yandri.

Sebelumnya, Sekjen PAN Eddy Soeparno mengungkapkan Koalisi Indonesia Maju (KIM) sedang menyiapkan skenario untuk melawan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

Eddy mengatakan, salah satu tokoh yang dianggap saingan Anies adalah mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Iya tolong (siapkan skenario terhadap Anyes) karena selama ini nama Ridwan Kamil beredar,” kata Edi, Rabu (26/6/2024) di Kompleks Parlemen Jakarta.

Baca juga: KIM siapkan kontestan Annies di Pilkada Jakarta, Ridwan Kamil dan Kaesang masuk nominasi

 

Meski demikian, Edi menegaskan, kemungkinan diangkatnya Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta bergantung pada Partai Golkar karena Ridwan Kamil merupakan kader partai tersebut.

Eddy mengatakan, nama lain yang dipertimbangkan KIM adalah Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep.

“Iya saya kira ini yang akan dibicarakan karena Mas Kaesang itu bagian dari Kim dan Pak RK juga, jadi saya kira keputusan akhir akan dibicarakan bersama-sama oleh para pimpinan,” ujarnya.

Sejauh ini baru Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang sudah memutuskan sosok yang akan diusungnya di Pilkada Jakarta 2024, yakni Anies Baswedan dan Sohibul Iman sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta.

Nama Anies juga sudah diusulkan oleh pimpinan PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa di tingkat DKI Jakarta, namun pimpinan pusat kedua partai belum memutuskan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top