Mitos atau Fakta, Freon AC Mobil Tak Boleh Dibuang di Udara Bebas?

KLATEN, virprom.com – Freon yang digunakan pada mobil umumnya merupakan bahan yang tidak ramah lingkungan, meski ada beberapa jenis freon yang didesain lebih ramah lingkungan.

Namun sebagai pengguna sebaiknya berhati-hati agar tidak melepaskan freon ke lingkungan. Seperti diketahui, freon dapat merusak lingkungan khususnya lapisan ozon.

Namun ada sebagian mekanik yang masih membuang freon ke alam yakni tidak disimpan dalam tabung.

Baca juga: Hubungan Kebersihan Kabin dengan Performa AC Mobil

Jamaludin, Head of Nissan Academy PT Nissan Motor Indonesia (NMI), mengatakan, saat melakukan servis AC mobil, freon tidak boleh dibuang begitu saja, melainkan harus diimbangi dengan alat pemulihan.

Jamal mengatakan kepada Kompas: “Sebelum membongkar sistem hambatan kelistrikan mobil, perlu dilakukan pelepasan freon dari saluran variabel normal, namun freon tidak hanya dibuang begitu saja, tetapi harus disedot dengan cara khusus.” , beberapa waktu yang lalu.

Jamal mengatakan, freon tersebut disedot dengan harapan tidak ada freon yang keluar ke udara terbuka, meski nyatanya masih ada sebagian yang hilang, meski hanya sedikit.

Baca juga: Sepele, Kebiasaan Ini Bisa Bikin AC Mobil Anda Lebih Tahan Lama

“Dengan diinjeksikan ke dalam mesin recovery diharapkan freon tidak membahayakan lingkungan, namun nyatanya cara ini juga berpotensi menghilangkan freon, sehingga selain menggunakan alat recovery juga penting untuk memilih yang ramah lingkungan. freon ramah.- kata Jamal.

Jamal mengatakan, perilaku seperti itu penting bagi setiap mekanik yang melakukan servis kendaraan AC untuk meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top